Google+
Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:13 WIB | Kamis, 03 Januari 2019

American Kennel Club Akui Jenis Anjing Azawakh

Azawakh, anjing pemburu Afrika Barat. (Foto: Twitter)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM — Anjing pemburu dari Afrika Barat adalah jenis terbaru yang diakui American Kennel Club.

VOA memberitakan, klub yang memberikan sertifikasi anjing ras murni, mengumumkan pada Rabu (2/1), Azawakh menjadi ras ke-193 dalam daftar. Itu berarti Azawakh kini bisa bersaing dalam banyak pertunjukan anjing, meskipun tidak memenuhi syarat untuk pertunjukan Westminster Kennel Club sampai 2020.

Azawakh bukan jenis anjing mungil. Azawakh berkaki panjang dan berbulu halus tampak elegan. Nama jenis anjing ini diambil dari nama Lembah Azawakh, wilayah di Gurun Sahara di Afrika Barat.

Secara tradisional anjing itu menemani pengembara, dan telah lama menjadi pemburu dan penjaga di beberapa bagian Gurun Sahara dan wilayah semi-kering Sahel, mencakup Burkina Faso, Mali, dan Niger.

Azawakh dikenal karena larinya yang kencang dan kesetiaannya kepada pemiliknya, meskipun terkadang acuh pada orang yang tidak dikenal.

Untuk diakui American Kennel Club, jumlah jenis anjing tertentu harus berjumlah ratusan di seluruh Amerika.

Salah Mengenalinya sebagai Greyhound atau Whippet.

Allen Cone, dalam upi.com, menulis, jenis sebelumnya yang diakui American Kennel Club adalah Nederlandse Kooikerhondje. Tepatnya, tahun lalu.

Azawakh diintroduksi ke Amerika Serikat pada pertengahan 1980-an. Pada tahun 2011, Azawakh ditempatkan pada daftar Miscellaneous Class dari AKC, kelompok rupa-rupa.

Sekretaris The American Azawakh Association Deb Kidwell memperkirakan ada sekitar 400 - 500 Azawakhs di seluruh Amerika Serika, dan 100 di antaranya sudah terdaftar di AKC.

Jenis ini berukuran tinggi 60 – 74 cm, dengan berat 16 – 25 kg. Warna bulunya mulai dari warna pasir, merah gelap, putih, brindle, abu-abu kehitaman, blue grizzle, parti-colored, dan cokelat.

Orang sering salah mengenalinya sebagai Greyhound atau Whippet. Seperti diceritakan Kidwell, “Orang sering menebaknya seperti itu, dan saya menjelaskan ini jenis Azawakh, tipe African greyhound. Jawaban itu biasanya memuaskan mereka.”

Kidwell menambahkan, sosok Azawakh yang kurus dan sering terlihat bayangan tulang-belulangnya juga sering disalahartikan, “’Anjingmu pasti sakit, karena sangat kurus’ adalah pertanyaan lain yang sering saya dengar. Dalam hal ini saya hanya berusaha sabar.”

Kidwell menyebut Azawakh sebagai anjing setia dan melindungi. Namun, ia menyarankan untuk mempelajari dulu sebelum membawa Azawakh ke rumah, karena jenis ini memerlukan masa pengenalan intens.

Editor : Sotyati

TOA
Bank Central Asia
Zuri Hotel
Back to Home