Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 19:22 WIB | Senin, 28 September 2015

Anak 10 Tahun Temukan Meterai Raja Daud Berusia 3.000 Tahun

Meterai zaman Raja Daud. (Foto: Ze’ev Radovan dan Zachi Dvira)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Sebuah meterai langka berusia 3.000 tahun, dari zaman Raja Daud di abad ke-10 SM, baru-baru ini ditemukan oleh seorang relawan Rusia 10 tahun di Proyek Penelitian Arkeologi Bukit Bait Allah di Yerusalem.

Diberitakan di jpost.com, Kamis (24/9), Dr Gabriel Barkay—pendiri dan direktur proyek—yang menyaring melalui ribuan ton tanah dari situs Bait Suci yang dibuang pada tahun 1999 oleh Yayasan Wakaf untuk membangun Masjid Al Aqsa—mengatakan bahwa temuan itu belum pernah terjadi sebelumnya.

“Segel ini adalah yang pertama dari jenisnya yang ditemukan di Yerusalem,” kata Barkay, arkeolog terkenal di dunia dan Penerima Bintang Jasa Israel, yang telah memimpin proyek ini selama lebih dari 10 tahun.

“Penanggalan meterai ini sesuai dengan periode sejarah dari orang Yebus dan penaklukan Yerusalem oleh Raja Daud, serta pembangunan Bait Allah dan Istana Kerajaan oleh putranya, Raja Salomo.”

“Apa yang membuat penemuan ini sangat signifikan,” Barkay melanjutkan, “adalah bahwa hal itu berasal dari atas Gunung Bait Allah itu sendiri.”

Segel—ditemukan oleh Matvei Tcepliaev, seorang anak 10 tahun warga Rusia yang secara sukarela ikut proyek arkeologi Bait Allah—baru-baru ini diuraikan oleh para arkeolog, katanya. Menurut Barkay, sejak awal proyek pada tahun 2004, lebih dari 170.000 relawan dari Israel dan di seluruh dunia telah mengambil bagian dalam pengayakan tanah-tanah.

Kredibilitas historis dari teks Alkitab mengenai Yerusalem selama abad ke-10 SM telah hangat diperdebatkan oleh para arkeolog sejak 1990-an.

Namun, temuan terbaru dari penggalian lainnya—termasuk Ofel (daerah selatan dari Bukit Bait Allah), Kota Daud, dan Proyek Bukit Bait Allah—menunjukkan bahwa deskripsi yang ditemukan dalam teks Alkitab yang berkaitan dengan Yerusalem mungkin memang autentik.

Matvei Tcepliaev, bocah berusia 10 tahun memegang meterai temuannya. (Foto: Ze’ev Radovan dan Zachi Dvira)

 

“Penemuan segel menjadi bukti atas kegiatan administrasi yang berlangsung di Bukit Bait Allah pada masa-masa itu,” kata Barkay.

“Semua segel dengan desain gaya serupa telah ditemukan di situs lainnya di Israel—misalnya di Tel Beit Shemesh, Tel Gezer dan Tel Rehov—dan bertarikh dari abad ke-11 hingga abad ke-10 sM.”

   Baca juga:

Barkay mengatakan gambar dua binatang, satu di atas yang lain, yang tertulis di dasar segel, mungkin mewakili predator dan mangsanya. Dia juga mencatat bahwa segel tersebut berlubang, sehingga memungkinkan untuk digantung dengan benang.

Terlepas dari segel, ratusan pecahan tembikar bertarikh abad ke-10 sM telah ditemukan dalam tanah bersejarah dari Bukit Bait Allah, termasuk mata panah langka yang terbuat dari perunggu dan dianggap berasal dari periode yang sama, ia menambahkan.

Sekitar 50 persen dari berton-ton tanah yang diambil dari situs Bukit Bait Allah telah mengungkapkan wawasan yang sebelumnya tidak diketahui dalam sejarah dataran tinggi Yerusalem itu.

“Walaupun Bukit Bait Allah belum pernah digali, artefak kuno yang diambil di Proyek Bukit Bait Allah memberikan informasi yang berharga yang sebelumnya tidak dapat diakses,” kata Barkay.

“Banyak kategori dari temuan-temuan tersebut adalah yang terbesar dan paling beragam yang pernah ditemukan di Yerusalem.”

Proyek Arkeologi Bukit Bait Allah—yang beroperasi di bawah naungan Bar-Ilan University, dengan dukungan keuangan dari Yayasan Kota Daud—didirikan oleh arkeolog Zachi Dvira, yang juga menjabat sebagai direktur.

Menurut Dvira, meskipun temuan itu tidak di lokasi asli dan diekstraksi dari konteks arkeologi mereka, sebagian besar artefak dapat diidentifikasi dan tanggal dengan membandingkan temuan-temuan dengan yang ditemukan di situs lain.

“Dalam beberapa tahun terakhir, dengan menggunakan metodologi statistik yang baru dikembangkan dan teknologi, kami telah berhasil mengatasi tantangan memiliki temuan walaupun tanpa konteks yang tepat karena tidak dalam penggalian arkeologi yang tepat,” kata Dvira.

“Proyek Arkeologi Bukit Bait Allah telah memfokuskan upaya pada tugas-tugas besar pengolahan dan mempelajari temuan dan mempersiapkan mereka untuk publikasi ilmiah.”

Dvira menambahkan bahwa lebih dari 500.000 temuan masih menunggu untuk diproses dan dianalisis dalam laboratorium proyek di Yerusalem. (jpost.com)

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home