Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 09:15 WIB | Rabu, 04 September 2019

Arab Saudi Keluarkan Visa Turis bagi 51 Negara

Kota kuno padang gurung di Arab Saudi, termasuk yang dipromosikan untuk wisata. (Foto: dari Alaraby.co.uk)

SAUHARAPAN.COM – Arab Saudi memulai langkah penting menuju reformasi ekonomi dengan mengeluarkan visa turis bagi warga dari 51 negara yang akan dikeluarkan mulai 27 September. Ini berarti Arab Saudi telah memulai membuka diri terhadap warga dunia dengan berbagai keanekaragamannya.

Surat kabar setempat, Okaz yang dikutip situs berita Al Arabiya, hari Selasa (3/9) menyebutkan biaya untuk memperoleh visa itu sebesar 118 dolar AS atau setara 440 riyal Saudi. Biaya itu termasuk asuransi kesehatan wajib bagi pengunjung. Turis dapat mengajukan permohonan visa 90 hari melalui online atau pada saat kedatangan.

Arab Saudi menetapkan Visi 2030 dalam reformasi ekonomi yang dimotori putra mahkota Mohammed bin Salman untuk tidak bergantung pada ekonomi minyak. Target negara itu adalah belanja turis lokal dan asing meningkat dari 27,9 miliar dolar AS pada 2015 menjadi 46,6 miliar dolar AS pada 2020.

 Maret lalu, visa turis diberikan untuk turis diberikan untuk pengunjung luar negeri yang menghadiri acara olahraga dan konser.

Arab Saudi membenahi sektor pariwisata dan hiburannya dengan mempromosikan pantainya dan situs warisan dunia yang diakui UNESCO, termasuk proyek wisata Laut Merah.

Proyek pariwisata lainnya adalah taman Qiddiyah di dekat Riyadh, dan kota kuno di gurun Al Ula yang diprediksi menarik dua juta pengunjung dan meningkatkan PDB sebesar 32 miliar dolar AS.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home