Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:15 WIB | Sabtu, 07 November 2020

AS Jatuhkan Sanksi pada Menantu Presiden Lebanon

Gebran Bassil. (Foto: dok. Ist)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat menjatuhkan sanksi pada pada menantu Presiden Lebanon Michel Aoun, pemimpin blok politik Kristen terbesar Lebanon, Gebran Bassil, menuduhnya melakukan korupsi dan hubungannya dengan Hizbullah.

Bassil mengepalai Gerakan Patriotik Bebas (FPM), yang didirikan oleh Aoun, dan pernah menjabat sebagai menteri telekomunikasi, energi dan air, dan urusan luar negeri.

Dia menjadi target protes anti pemerintah yang meletus tahun lalu terhadap kelas politik yang dituduh menjarah negara. Bassil mengatakan dalam sebuah posting Twitter bahwa sanksi AS itu tidak membuatnya takut, dan bahwa dia tidak "tergoda" oleh janji.

Sanksi tersebut dapat mempersulit upaya Perdana Menteri yang menunjuk, Saad Al-Hariri, untuk menavigasi politik sektarian Lebanon dan menyusun kabinet untuk mengatasi krisis keuangan, krisis terburuk negara itu sejak perang saudara 1975-1990.

Sebuah sumber yang mengetahui proses tersebut mengatakan langkah itu kemungkinan akan memperkuat sikap FPM dalam negosiasi tentang pemerintahan baru yang diperlukan untuk memberlakukan reformasi yang diminta oleh donor asing untuk mengatasi korupsi endemik, pemborosan dan salah urus, serta untuk membuka bantuan.

Dalam beberapa bulan terakhir, Amerika Serikat juga telah menjatuhkan sanksi pada beberapa pejabat yang terkait dengan Hizbullah, gerakan bersenjata Syiah yang didukung Iran yang telah menjadi kekuatan politik paling kuat di Lebanon, dan yang dianggap Washington sebagai kelompok teroris.

Hizbullah mengecam tindakan AS sebagai murni politik dan campur tangan yang mencolok dan kasar."Keputusan ini secara khusus bertujuan untuk memaksa tim politik Lebanon yang besar untuk tunduk pada syarat Amerika dan mendikte Lebanon," katanya dalam sebuah pernyataan.

FPM memiliki aliansi politik dengan Hizbullah dan Bassil telah membela kelompok itu sebagai hal penting untuk pertahanan Lebanon.

Siapakah Gebran Bassil?

Departemen Keuangan mengatakan Bassil berada di "garis depan korupsi di Lebanon" di mana pemerintah berturut-turut telah gagal untuk mengurangi memuncaknya utang negara atau mengatasi infrastruktur yang gagal dan sektor listrik yang merugi dan yang merugikan kas negara miliaran dolar sementara pemadaman listrik terus berlanjut.

“Melalui aktivitas korupnya, Bassil juga merusak tata pemerintahan yang baik dan berkontribusi pada sistem korupsi dan patronase politik yang berlaku yang melanda Lebanon, yang telah membantu dan mendukung aktivitas destabilisasi Hizbullah (Hizbullah),” kata Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, dalam sebuah pernyataan.

Seorang pejabat senior AS mengatakan dukungan Bassil dengan Hizbullah adalah "setiap motivasi" untuk menargetkan dia untuk dikenai sanksi.

Bassil dijatuhi sanksi berdasarkan Undang-Undang Akuntabilitas Hak Asasi Manusia Magnitsky Global, yang menargetkan pelanggaran hak asasi manusia dan korupsi di seluruh dunia. Ini menyerukan pembekuan aset AS dan melarang orang Amerika berbisnis dengannya.

Departemen Luar Negeri AS juga memberlakukan larangan perjalanan Bassil ke Amerika Serikat. Seorang pejabat senior AS mengatakan pengumuman sanksi itu "tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi proses pembentukan pemerintah" di Lebanon. Pejabat itu juga membantah ada hubungan antara pengumuman dan pemilihan AS pekan ini, mengatakan paket sanksi semacam itu membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk disiapkan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home