Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:33 WIB | Sabtu, 27 April 2024

30 Tahun Kebebasan Afsel di Tengah Kesenjangan, Kemiskinan dan Ketegangan Pemilu

30 Tahun Kebebasan Afsel di Tengah Kesenjangan, Kemiskinan dan Ketegangan Pemilu
Antrean yang mengular warga Afrika Selatan di Soweto pada 27 April 1994 untuk memilih dalam pemilihan umum multi ras pertama setelah tumbangnya dominasi kulit putih dalam politik apartheid. (Foto: dok AP/Denis Farrell)
30 Tahun Kebebasan Afsel di Tengah Kesenjangan, Kemiskinan dan Ketegangan Pemilu
Pemimpin Kongres Afrika Selatan (ANC), Neson Mandela, memberikan suara di dekat Durban pada 27 April 1994, pemilu pertama multi ras di Afrika Selatan. Dia menjadi orang kulit hitam pertama yang menjadi Presiden di Afsel. (Foto: dok. AP/John Parkin)
30 Tahun Kebebasan Afsel di Tengah Kesenjangan, Kemiskinan dan Ketegangan Pemilu
Seorang pria berjalan di pemukiman informal ketika seorang gadis bermain di sungai yang tercemar di Alexandra, utara Johanesburg, Afrika Selatan, 11 November 2014. (Foto: dok. AP/Themba Hadebe)

JOHANNESBURG, SATUHARAPAN.COM-Saat Nonki Kunene, 72 tahun, berjalan melewati koridor Sekolah Dasar Thabisang di Soweto, Afrika Selatan, dia mengenang kegembiraan yang dia dan banyak orang lain rasakan 30 tahun lalu ketika mereka memberikan suara dalam pemilihan umum untuk pertama kalinya.

Di sekolah inilah pada tanggal 27 April 1994, Kunene bergabung dengan jutaan warga Afrika Selatan untuk berani mengantri panjang dan mengambil bagian dalam pemilu demokratis pertama di negara itu setelah puluhan tahun pemerintahan minoritas kulit putih yang menolak hak memilih bagi orang kulit hitam.

Negara ini bersiap untuk merayakan hari Sabtu (27/4) untuk memperingati 30 tahun kebebasan dan demokrasi. Namun sebagian besar antusiasme dan optimisme pada periode tersebut telah mereda karena negara dengan perekonomian paling maju di Afrika menghadapi berbagai tantangan.

Seperti banyak hal di Afrika Selatan, sekolah yang diingat Kunene telah berubah, dan yang dulunya merupakan aula sekolah kini telah diubah menjadi beberapa ruang kelas.

“Saya berharap kita bisa kembali ke hari itu, karena betapa bersemangatnya saya dan hal-hal yang terjadi setelahnya,” kata Kunene, mengacu pada Nelson Mandela yang menjadi presiden kulit hitam pertama di negara itu dan diperkenalkannya konstitusi baru yang memberikan manfaat bagi seluruh warga negara Afrika Selatan. Kesetaraan hak bagi masyarakat Afrika, menghapuskan sistem apartheid yang diskriminatif secara rasial.

Bagi banyak orang yang mengalami apartheid, tahun-tahun tersebut masih terpatri dalam ingatan kolektif mereka.

“Saya tidak bisa melupakan betapa kami menderita di tangan orang kulit putih. Di kota pada malam hari, ada pengendara motor berkulit putih dengan rambut seperti ini (menggambarkan gaya rambut mirip mohawk) yang akan secara brutal menyerang orang kulit hitam jika melihat mereka berjalan di trotoar. Anak-anak kulit putih itu kejam,” kata Lily Makhanya, 87 tahun, yang mendiang suaminya meninggal saat bekerja di struktur bawah tanah gerakan anti-apartheid.

“Jika mereka melihat Anda berjalan di trotoar, Anda akan diserang dengan kejam dan dibiarkan mati.”

Bagi Makhanya dan banyak orang lainnya yang turut serta dalam antrean untuk memilih pada tahun 1994, hal ini merupakan titik balik dari masa lalu yang brutal menuju masa depan yang sejahtera.

Ketimpangan Ekonomi

Namun 30 tahun kemudian, sebagian besar optimisme tersebut menguap di tengah tantangan yang mendesak yang dihadapi negara ini. Hal ini termasuk melebarnya ketimpangan karena mayoritas warga kulit hitam di negara tersebut terus hidup dalam kemiskinan dengan tingkat pengangguran lebih dari 32%, yang merupakan angka tertinggi di dunia.

Menurut statistik resmi, lebih dari 16 juta warga Afrika Selatan bergantung pada hibah kesejahteraan bulanan untuk bertahan hidup.

Demonstrasi publik sudah menjadi hal biasa ketika masyarakat memprotes kegagalan Kongres Nasional Afrika (ANC) yang berkuasa dalam menyediakan lapangan kerja dan layanan dasar seperti air dan listrik.

Krisis listrik yang mengakibatkan pemadaman listrik yang menghancurkan perekonomian negara menambah kesengsaraan partai karena bisnis dan rumah terkadang terpaksa tidak mendapatkan listrik hingga 12 jam sehari.

Daerah seperti Sandton, pinggiran kota Johannesburg yang makmur, yang memiliki gedung pencakar langit yang indah dan rumah mewah, adalah contoh keberhasilan ekonomi yang dinikmati oleh sebagian kecil dari 60 juta penduduk negara tersebut.

Namun kota Alexandra, yang terletak beberapa kilometer dari Sandton, merupakan cerminan nyata dari kondisi kehidupan mayoritas warga kulit hitam yang miskin di negara tersebut, di mana limbah dari pipa pecah mengalir ke jalan-jalan dan sampah yang tidak dikumpulkan menumpuk di trotoar.

Ketegangan dalam Pemilu

Kontradiksi seperti ini biasa terjadi di kota-kota besar, termasuk ibu kota Pretoria dan kota Cape Town, dan hal ini masih menjadi pusat dari pemilu yang diperkirakan akan menjadi salah satu pemilu yang paling sengit di negara ini pada bulan Mei.

Untuk pertama kalinya sejak ANC berkuasa pada tahun 1994, jajak pendapat menunjukkan bahwa partai tersebut mungkin menerima kurang dari 50% suara nasional, yang berarti partai tersebut akan kehilangan kekuasaan kecuali partai tersebut berhasil membentuk koalisi dengan beberapa partai kecil.

Bagi sebagian pemilih muda seperti Donald Mkhwanazi yang berusia 24 tahun, nostalgia tersebut tidak dirasakan.

Mkhwanazi akan memberikan suaranya untuk pertama kalinya pada pemilu tanggal 29 Mei dan kini aktif terlibat dalam kampanye partai politik baru, Rise Mzansi, yang akan mengikuti pemilu nasional untuk pertama kalinya.

“Saya mempunyai kesempatan untuk memilih pada tahun 2019, dan pada pemilu daerah pada tahun 2021, namun saya tidak melakukannya karena saya tidak cukup diyakinkan oleh salah satu partai lama tentang mengapa saya harus memilih,” katanya.

“Saya tidak melihat perlunya memilih karena apa yang telah terjadi selama 30 tahun terakhir. Kita berbicara tentang kebebasan, tapi apakah kita bebas dari kejahatan, apakah kita bebas dari kemiskinan? Kebebasan apa yang sedang kita bicarakan?”

Analis politik Pearl Mncube mengatakan wajar jika masyarakat Afrika Selatan merasa gagal oleh para pemimpin mereka.

“Semakin banyak warga Afrika Selatan yang merasa skeptis terhadap pernyataan pemerintah karena sejarah negara tersebut yang terus-menerus mengumumkan rencana besar tanpa memprioritaskan pelaksanaan cepat dari rencana tersebut,” kata Mncube.

Ia mengatakan meskipun Hari Kemerdekaan dimaksudkan untuk menandai transisi negara ini dari masa lalu yang penuh penindasan, namun penting untuk menyoroti masalah-masalah yang ada saat ini dan rencana untuk mengatasinya. “Kita tidak bisa menggunakan masa lalu, dan segala nostalgia yang melekat padanya, untuk menghindari memperhitungkan masa kini,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home