Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 17:25 WIB | Sabtu, 27 April 2024

Lima Kuda Kerajaan Inggris Panik Saat Latihan Membuat Kekacauan di London

Seekor kuda putih lepas di jalanan London dekat Aldwych, pada Rabu 24 April 2024. Dia terluka dan berdarah. (Foto-foto: Jordan Pettitt/PA via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Lima kuda militer yang ketakutan karena suara bising dari sebuah lokasi bangunan, kabur selama latihan rutin pada Rabu (24/4) di dekat Istana Buckingham, melemparkan empat penunggangnya dan menyebabkan kekacauan ketika mereka berlari kencang melalui jalan-jalan pusat kota London dan bertabrakan dengan kendaraan selama jam sibuk pagi hari.

Keributan itu terjadi ketika kuda-kuda dari Kavaleri Rumah Tangga, yang sedang melakukan latihan panjang untuk parade militer yang akan datang, mungkin terkejut dengan suara beton yang jatuh dari jalan yang bergerak di sebuah lokasi konstruksi di Belgravia, sebuah lingkungan megah di sebelah barat istana.

Lima dari tujuh kuda lari dan empat tentara terlempar. Tiga di antara mereka dirawat di rumah sakit karena luka-luka. Tak satu pun dari mereka dianggap mengancam jiwa.

Kuda-kuda tersebut – tanpa penunggangnya – kemudian berlari melalui jalan-jalan utama di pusat kota London, menabrak kendaraan dan membuat kaget para penumpang saat mereka berangkat ke tempat kerja. Semua kuda ditangkap tak lama kemudian dan kembali ke barak di Hyde Park untuk menjalani tes medis.

Para saksi melihat salah satu hewan yang lepas itu menabrak taksi yang menunggu di luar Hotel Clermont di dekatnya, memecahkan jendela. Hewan lainnya menabrak bus wisata dan memecahkan kaca depan.

Gambar dan video yang dibagikan secara luas di media sosial menunjukkan dua kuda – satu putih, satu hitam – berlari dengan kecepatan tinggi di Aldwych, di antara pusat keuangan bersejarah London dan distrik teater West End yang sibuk.

Wajah dan kaki kuda putih itu berlumuran darah. Juru bicara Angkatan Darat Inggris belum bisa memastikan penyebab cedera tersebut.

Megan Morra, yang sedang dalam perjalanan menuju tempat kerja, mengatakan kepada BBC bahwa dia melihat gambar mencolok seekor kuda putih dengan cedera kepala. “Ada banyak darah,” katanya. “Sejujurnya, saya agak tertekan saat melihat kuda malang itu.”

Kuda-kuda tersebut berasal dari Kavaleri Rumah Tangga, pengawal upacara raja dan fitur fungsi kenegaraan di London. Sejauh mana cedera yang dialami kuda-kuda tersebut belum diketahui secara pasti.

Dalam pernyataan video di X, sebelumnya Twitter, Matt Woodward, Komandan Resimen Berkuda Kavaleri Rumah Tangga, mengatakan sekitar 150 kuda dilatih setiap pagi di taman dan di jalan untuk menjaga mereka tetap bugar dan membiasakan mereka dengan lingkungan sekitar dan kebisingan, sehingga mereka tidak mudah panik saat parade.

“Namun pagi ini, sekelompok kecil kuda dikejutkan oleh beberapa pekerjaan konstruksi di sisi jalan yang sepi di Belgravia di mana bahan bangunan dijatuhkan dari ketinggian tepat di sebelah mereka,” katanya.

“Syukurlah, mengingat frekuensi latihan dan jumlah kuda yang terlibat, insiden seperti ini sangat jarang terjadi,” tambah Woodward. Ia berterima kasih kepada petugas tanggap darurat dan anggota masyarakat karena bereaksi cepat.

“Hal ini memungkinkan perawatan cepat terhadap tentara kami dan membantu menyelamatkan kuda-kuda kami yang terluka,” tambahnya

Layanan Ambulans London mengatakan pihaknya merawat empat orang dalam tiga insiden terpisah dalam waktu 10 menit setelah insiden tersebut terjadi sekitar pukul 8:30 pagi.

“Tiga di antaranya baik-baik saja, sayangnya dua di antaranya berada dalam kondisi yang relatif serius dan jelas kami akan memantau kondisinya,” kata Menteri Pertahanan, James Cartlidge, kepada Sky News. “Mereka berada dalam kondisi serius, tapi sepengetahuan saya, mereka masih hidup.”

Tiga tentara yang terlempar dari tunggangannya dirawat di rumah sakit karena luka-luka, namun diharapkan pulih sepenuhnya dan kembali bekerja.

Angkatan Darat Inggris mengatakan tiga kuda tersebut diperkirakan akan kembali bertugas, namun nasib dua kuda yang mengalami luka paling parah masih belum jelas.

Tidak ada yang diyakini mengalami patah tulang, namun seekor kuda bernama Quaker dipindahkan ke rumah sakit kuda untuk mendapatkan perawatan spesialis, kata juru bicara militer.

Vida, seekor kuda putih yang terlihat berlumuran darah saat berlari melintasi Aldwych, di antara pusat keuangan bersejarah London dan distrik teater West End yang sibuk, dirawat karena luka robeknya.

“Vida adalah yang paling terluka dan gambar kuda yang berlari melintasi London berlumuran darah sangat mengerikan,” kata tentara dalam sebuah pernyataan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home