Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 18:41 WIB | Selasa, 21 April 2015

Asia Tenggara Harus Kedepankan Manufaktur

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –  Negara-negara di kawasan Asia Tenggara harus mengedepankan manufaktur sebagai salah satu prioritas pembangunan karena akan menempatkannya di rantai ekonomi global.

"Tren baru adalah saat ini produk apa saja boleh dilabeli Indonesia tapi komponennya bisa dari berbagai dunia," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro dalam diskusi "Asean's Global Impact" World Economic Forum on East Asia di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (21/4).

Menurut Menkeu, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendorong manufaktur adalah mengubah pola pikir. Misalnya, jika ingin membuat televisi  bukan berarti komponen televisinya harus dibuat di Indonesia tetapi bisa dihasilkan dari negara lain.

Asia Tenggara  menjadi kelompok yang diperhitungkan untuk mendukung perekonomian dunia karena  menjadi tujuan penting ekspor dan impor. 

 Bambang  mengatakan saat ini praktik ekonomi di dalam Asean masih terbatas pada perdagangan barang. Kalaupun ada perdagangan jasa masih terbatas meskipun sudah ada upaya untuk menciptakannya.

Harapannya, suku cadang komponennya datang dari Asean. Kalau itu bisa dilakukan, dalam 10 tahun ke depan Asean bisa menjadi pemain penting dala ekonomi dunia.  

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home