Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:33 WIB | Minggu, 30 Agustus 2020

Bagian Tubuh Paling Sensitif

Ujung jari. (Foto ilustrasi: Ist)

SATUHARAPAN.COM-Sebagai indera perasa, sensitivitas kulit terhadap rasa ternyata tidak sama di semua bagian. Ada beberapa bagian tubuh yang faktanya memiliki sensitivitas lebih tinggi. Apa saja bagian dengan sensitivitas paling kuat?

1. Lutut. Pernah terbentur kursi secara tidak sengaja dan mengenai lutut? Rasanya pasti “luar biasa”. Lutut memang memiliki banyak saraf sehingga sangat peka terhadap rasa.

2. Siku. Persarafan di siku (ulnar nerve) terletak di belakang sikut. Saraf ini berada dekat tulang di lengan atas yang disebut humerus. Bagian tubuh ini juga akan terasa lebih nyeri saat mengalami benturan.

3. Ujung jari. Ujung jari-jari kita lebih sensitif pada nyeri dibandingkan bagian tubuh lainnya. Ini sebabnya mengapa luka kecil, seperti tergores kertas atau ditusuk jarum untuk mengambil contoh darah, bisa membuat pria berbadan kekar merasa kesakitan.

Ujung jari dipenuhi oleh ujung saraf, yang mengirimkan sinyal nyeri langsung ke otak. Makin banyak ujung saraf, makin banyak pula sinyal nyeri yang cepat terkirim dan sinyalnya pun lebih kuat dibanding dari bagian tubuh lain, misalnya dari lengan.

4. Tulang kering. Tulang kering, tulang di bagian depan kaki bawah, hanya memiliki sedikit lemak untuk melindunginya dari benturan. Tak heran jika bagian ini terantuk sesuatu rasa nyerinya bisa lebih hebat.

5. Lengkung telapak kaki. Saat Anda tak memakai alas kaki dan menginjak benda kecil di lantai memakai lengkungan telapak kaki, rasa nyerinya bisa membuat kita kaget dibandingkan dengan jika kita menginjak di bagian tumit.

Itu karena telapak kaki bagian atas dan belakang memiliki kulit yang tebal akibat formasi kalus. Sebaliknya dengan bagian lengkungan yang kulitnya lebih tipis sehingga saraf-saraf di dalamnya lebih dekat ke permukaan. (Menshealth)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home