Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 13:11 WIB | Senin, 06 Mei 2024

Rusia Serang Menara TV di Kharkiv, Ukraina, Bagian dari Upaya Intimidasi

Pemandangan yang menunjukkan menara televisi hancur setengahnya akibat serangan Rudal Rusia di Kharkiv, Ukraina, hari Senin (22/4(. (Foto: AP/Andrii Marienko)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan serangan rudal Rusia yang menghancurkan menara televisi di Kharkiv adalah bagian dari upaya berkelanjutan Kremlin untuk mengintimidasi kota terbesar kedua di Ukraina, yang dalam beberapa pekan terakhir semakin sering diserang.

Serangan tersebut bertujuan untuk “membuat teror terlihat oleh seluruh kota dan mencoba membatasi koneksi dan akses Kharkiv terhadap informasi,” kata Zelenskyy dalam pidatonya pada Senin (22/4) malam.

Wilayah timur laut Kharkiv terletak di garis depan sepanjang sekitar 1.000 kilometer (600 mil) tempat pasukan Ukraina dan Rusia terlibat dalam pertempuran selama lebih dari dua tahun sejak invasi besar-besaran Moskow ke Ukraina. Garis depan tidak banyak berubah di tengah perang gesekan, yang sebagian besar terfokus pada artileri, drone, dan parit.

Sejak akhir Maret, Rusia telah meningkatkan tekanan terhadap Kharkiv, yang tampaknya bertujuan untuk mengeksploitasi kekurangan sistem pertahanan udara di Ukraina. Bencana ini telah menghantam jaringan listrik setempat dan menghantam blok-blok apartemen.

Pada hari Senin, sebuah rudal Kh-59 Rusia menghantam menara TV Kharkiv setinggi 250 meter (820 kaki), mematahkannya menjadi dua dan menghentikan transmisi.

Sebuah lembaga pemikir di Washington mengatakan Rusia mungkin sedang mengincar serangan darat di Kharkiv.

“Kremlin sedang melakukan operasi udara dan informasi terpadu untuk menghancurkan Kota Kharkiv, meyakinkan warga Ukraina untuk melarikan diri, dan membuat jutaan warga Ukraina mengungsi di dalam negeri menjelang kemungkinan operasi ofensif Rusia di masa depan terhadap kota tersebut atau tempat lain di Ukraina,” menurut penilaian Institute Studi for War (ISW) dalam sebuah penilaian.

Kedatangan bantuan militer baru ke Ukraina dalam beberapa pekan mendatang dari mitra Baratnya mungkin telah mendorong Rusia untuk meningkatkan serangannya sebelum bantuan tiba, kata ISW, seraya menambahkan bahwa upaya untuk merebut Kharkiv akan menjadi “tantangan yang signifikan” bagi pasukan Kremlin.

Sebaliknya, komando militer Rusia “mungkin berupaya menghancurkan Kota Kharkiv dengan serangan udara, rudal, dan pesawat tak berawak dan memicu pengungsian internal skala besar warga sipil Ukraina,” katanya.

Senat AS kembali ke Washington pada hari Selasa (23/4) untuk melakukan pemungutan suara mengenai bantuan perang senilai US$61 miliar ke Ukraina setelah tertunda selama berbulan-bulan. Zelensky mengatakan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, meyakinkannya bahwa bantuan tersebut akan mencakup kemampuan jarak jauh dan artileri.

“Empat prioritas adalah kuncinya: pertahanan udara, artileri modern, kapasitas jangka panjang, dan memastikan paket bantuan Amerika tiba sesegera mungkin,” kata Zelenskyy.

Namun kabar yang kurang menggembirakan datang dari Uni Eropa. Negara-negara Uni Eropa yang memiliki sistem pertahanan udara Patriot pada hari Senin tidak memberikan tanda-tanda jelas bahwa mereka mungkin bersedia mengirim sistem pertahanan udara tersebut ke Ukraina, yang sedang putus asa mencari setidaknya tujuh baterai rudal.

Rusia meluncurkan 16 drone Shahed dan dua rudal balistik Iskander-M di wilayah selatan dan tengah Ukraina, kata angkatan udara Ukraina pada Selasa pagi. Dikatakan bahwa semua kecuali satu drone berhasil dicegat.

Di Odesa, sebuah bangunan tempat tinggal terkena serangan dalam serangan semalam, melukai sembilan orang, kata Gubernur daerah Oleh Kiper melalui Telegram pada hari Selasa. Di antara mereka yang terluka adalah dua bayi dan dua anak berusia sembilan dan 12 tahun, kata Kiper. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home