Loading...
INSPIRASI
Penulis: Daniel Santoso 01:00 WIB | Rabu, 16 Juli 2014

Beda Tipis

Pemilu 9 Juli 2014 (foto: ymindrasmoro)

SATUHARAPAN.COM – Menilik  hasil quick count pemilihan presiden lalu, terlihat kasat mata bahwa perbedaannya kecil saja. Hanya sekitar 52 banding 48 persen saja. Atau dapat dikatakan sebenarnya, masyarakat Indonesia terbagi hampir sama besar.

Separuh warga negara Indonesia tidak mempermasalahkan apakah program yang dipromosikan mempunyai tingkat keberhasilan tinggi atau tidak. Mereka tidaklah ambil pusing dengan perbandingan antara rIsiko dan hasil yang mungkin didapat.

Setengah lainnya mempunyai tingkat resistensi  terhadap rIsiko. Mereka membutuhkan tingkat kepastian tinggi bahwa segala rencana yang diwacanakan akan terwujud.  Sadar bahwa tidak ada calon yang sempurna, pilihan diberikan pada yang mempunyai tingkat rIsiko minimal.

Namun, bahkan pendapat di atas pun sebenarnya, sebagaimana terjadi pada setiap individu, tidak bisa lepas dari dasar pemikiran yang sudah dianutnya.

Bagi pemilih kandidat pertama, mereka tentu yakin bahwa segala program yang diajukan tentu mempunyai tingkat keberhasilan tinggi. Apalagi didukung dengan performa beretorika yang tinggi dan penampilan yang amat sesuai dengan posisi yang harus diemban.

Bagi pendukung kandidat dua, mereka yakin bahwa pilihannya sudah tepat karena telah dibuktikan dalam kinerja dan etos kerja sebelumnya. Walaupun si calon terlihat begitu sederhana dan terbata-bata saat mengungkapkan pikirannya.

Terlepas dari cara dan wadah dari para calon presiden, keduanya jelas mempunyai visi dan misi serta strategi untuk mencapai Indonesia yang lebih ideal di masa depan. Seandainya mereka dapat bekerja tanpa gangguan dari pihak lain (termasuk kelompoknya), layaklah kita berharap bahwa semua tujuan baik ini dapat tercapai.

Nah, di sinilah perbedaan tipis ini akan memberikan dampak yang besar. Setiap individu jelas selalu berada di dalam konteks sosial. Mampukah ia menjadi trend setter di sana? Maukah ia menjaga integritasnya? Sanggupkah ia menginspirasi setiap manusia Indonesia untuk bersama mencapai Indonesia Raya?

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home