Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:30 WIB | Rabu, 12 Desember 2018

Bentara Muda Bali Goes To Campus Mengetengahkan Putar Film dan Sosialisasi

Bentara Muda Goes to IKIP PGRI. (Foto: Bentara Budaya Bali)

GIANYAR, SATUHARAPAN.COM - Setelah beberapa waktu lalu berkunjung ke Universitas Udayana, program Bentara Muda Bali Goes to Campus selanjutnya menggelar agenda di kampus IKIP PGRI Bali pada Sabtu, 17 November 2018, menyusul kemudian di UNHI Denpasar pada Sabtu, 8 Desember 2018. 

Selain beranjangsana, program mengetengahkan pula pemutaran film terpilih dan sosialisasi perihal agenda seni budaya di Bentara Budaya Bali (BBB), terutama terfokus pada generasi muda. Ini bertujuan membangun pemahaman lebih mendalam perihal Bentara Budaya Bali sebagai lembaga seni budaya yang didedikasikan oleh Kompas Gramedia. Selaras pula upaya alih pengetahuan sebagaimana selama ini diniatkan melalui agenda Kelas Kreatif Bentara.

Bentara Muda Bali Goes to Campus yang berlangsung di IKIP PGRI Bali bekerja sama dengan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) dan Senat Mahasiswa FPBS IKIP PGRI Bali. Pada kesempatan tersebut, acara dibuka langsung oleh Dekan FPBS, Dr. I Ketut Yarsama, M, Hum. Ia menyambut baik dan mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan ini, seraya berharap dikemudian hari dapat terjalin kerja sama berkelanjutan antara IKIP PGRI Bali dan BBB. 

Sementara pada kunjungan di UNHI Denpasar didukung oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNHI Denpasar. Ditayangkan sebuah dokumenter seniman Bali terpilih “Murniati dan Lukisan Kamasan Kini”,  karya anggota Bentara Muda Bali, Ganesa Putra. 

“Program ini sangat menarik, ya. Karena kami akhirnya bisa mengetahui lebih dalam tentang  Bentara Budaya, juga program-program yang diselenggarakan dan ternyata kami sebagai mahasiswa juga bisa terlibat atau berpartisipasi di sana. Ini sangat menambah wawasan dan pemahaman saya, “ ungkap Wenia, salah seorang anggota BEM UNHI. 

Program Bentara Muda Bali Goes to Campus mendapatkan sambutan yang baik dan hangat di IKIP PGRI Bali maupun UNHI Denpasar. Terlihat pada jumlah peserta yang hadir, mencapai 150-200 orang di setiap kampusnya, serta antusiasme para penanggap yang mengikuti tanya jawab. 

Bentara Muda Bali Goes to Campus menyasar langsung kampus-kampus atau perguruan tinggi maupun institut melalui kerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa maupun Badan Eksekutif Mahasiswa terkait. Selain ke kampus-kampus, Bentara Muda Bali juga memprogramkan kunjungan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah (SMA/SMK) secara berkala. Program ini diniatkan mendorong terciptanya pergaulan kreatif bagi generasi muda selaras minat dan bakatnya, seturut upaya membangun budaya membaca buku bermutu juga mengapresiasi film-film pilihan.

Sebelumnya, Bentara Muda Bali Goes to Campus telah hadir dan menyelenggarakan berbagai program kreatif serta sosialisasi, di antaranya bekerjasama dengan Udayana Science Club dan BEM FISIP Universitas Udayana (April 2018), LPM Kanaka Universitas Udayana (April 2018), HMPS Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (Oktober 2018). 

Selain itu, Bentara Budaya Bali juga sempat bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar, Jurusan Film dan TV ISI Denpasar, Jurusan Fotografi ISI Denpasar, Tim Jurnalistik Maestro Fakultas Teknik Universitas Udayana, Persma Linimassa Universitas Udayana, Persma Akademika Universitas Udayana, Udayana Science Club, BEM Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, BEM PM Universitas Udayana, STMIK STIKOM Bali, Alfa Prima, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Papua Centre FISIP Universitas Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, dll. (PR)

 

TOA
Bank Central Asia
Zuri Hotel
Back to Home