Loading...
FOTO
Penulis: Elvis Sendouw 14:29 WIB | Senin, 16 Juni 2014

Berharap Musik Gereja Persatukan Keesaan Gereja

Berharap Musik Gereja Persatukan Keesaan Gereja
Para narasumber dalam Konsultasi Nasional Musik Gereja 2014 dengan tema "Nyanyikanlah Nyanyian Baru bagi Tuhan" (Mazmur 96: 1A). (Foto-foto: Elvis Sendouw)
Berharap Musik Gereja Persatukan Keesaan Gereja
Ketua Umum PGI Pdt Dr AA Yewangoe saat menyampaikan pemaparannya dalam Konsultasi Nasional Musik Gereja 2014 dengan tema "Nyanyikanlah Nyanyian Baru bagi Tuhan" (Mazmur 96: 1A).
Berharap Musik Gereja Persatukan Keesaan Gereja
Ketua Umum Yamuger DR Nainggolan SE saat memberikan penjelasan dalam Konsultasi Nasional Musik Gereja 2014 dengan tema "Nyanyikanlah Nyanyian Baru bagi Tuhan" (Mazmur 96: 1A).
Berharap Musik Gereja Persatukan Keesaan Gereja
Para peserta diskusi yang kebanyakan pendeta dari berbagai gereja saat memberikan pertanyaan kepada para nara sumber.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Di zaman yang serbainstan ini, masyarakat Indonesia lebih memilih menguasai lagu dengan cara mendengar dan menirukan daripada mempelajari teori musik sendiri, termasuk mempelajari not. Perkembangan teknologi informasi yang berkembang menjadi Information Communication Technology (ICT) dan sekarang Information Communication Visualization Technology (ICVT) telah mempengaruhi cara jemaat beribadah, menyerap isi khotbah, dan memberi makna berbeda ke liturgi kebaktian atau persekutuan.

Dalam ibadah sepuluh tahun terakhir LCD proyektor semakin sering dipakai untuk menayangkan syair-syair lagu tanpa notasi. Peran LCD proyektor yang bisa diinterkoneksi dengan sejumlah perangkat dan program multimedia berdampak besar pada dinamika konsentrasi, pemahaman, refleksi, dan suasana hati jemaat. Realita itu perlu digumuli dan dicari solusi bersama-sama.

Realita tersebut tersebut dibahas dalam Konsultasi Nasional Musik Gereja 2014 dengan mengusung tema "Nyanyikanlah Nyanyian Baru bagi Tuhan" (Mazmur 96: 1A), dengan pembicara Ketua Umum PGI Pdt Dr AA Yewangoe, Ketua Umum Yamuger DR Nainggolan SE, dipimpin oleh moderator Chrismaryadi Budhisetiawan. Pertemuan berlangsung di Graha Bethel Indonesia, Jakarta, Senin (16/6).

Dalam sesi diskusi tersebut peserta Konsultasi Nasional Musik Gereja diajak berkontemplasi memikirkan sampai sejauh mana musik gereja berfungsi dan berperan di kehidupan gereja dan jemaat, juga mempersatukan serta mewujudnyatakan keesaan gereja-gereja di Indonesia.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home