Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 08:01 WIB | Rabu, 20 November 2013

Bernanke: Ekonomi AS Masih Jauh dari Ideal

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Ketua Bank Sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve, Ben Bernanke, pada Selasa  (19/11) mengatakan bahwa perekonomian AS masih jauh dari yang The Fed inginkan dan bahwa bank sentral AS masih berkomitmen untuk kebijakan stimulusnya.

Bernanke tidak memberikan petunjuk tentang kapan pembuat kebijakan The Fed kemungkinan mulai memangkas kembali pembelian asetnya 85 miliar dolar AS per bulan. Namun dia mengatakan tetap "berkomitmen untuk mempertahankan kebijakan yang sangat akomodatif selama mereka dibutuhkan."

"Ekonomi telah membuat kemajuan yang signifikan sejak resesi mendalam," kata dia dalam pidato yang dipersiapkan untuk disampaikan kepada kelompok ekonom pada Selasa malam.

"Namun, kami masih jauh dari dimana yang kita inginkan, dan konsekuensinya, itu mungkin dibutuhkan beberapa waktu sebelum kebijakan moneter kembali pengaturan yang lebih normal," kata dia

Bernanke, dengan sisa waktu sekitar 11 minggu dalam delapan tahun masa jabatannya sebagai ketua The Fed, mengatakan investor bereaksi berlebihan awal tahun ini ketika mereka mengirim suku bunga AS naik tajam karena rencana Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) untuk pemotongan stimulusnya.

Tetapi dia mengatakan bahwa sekarang setelah suku bunga agak menurun, mereka lebih sejalan dengan kebijakan, yang masih melihat suku bunga dasar Fed tetap dekat nol hingga 2015. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home