Google+
Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 16:03 WIB | Senin, 26 November 2018

Biak Numfor-Papua Kehabisan Stok Blanko e-KTP

Ilustrasi paket penerapan KTP berbasis nomor induk kependudukan secara elektronik (e-KTP). (Foto: setkab.go.id)

BIAK, SATUHARAPAN.COM - Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukapil) Kabupaten Biak Numfor, Papua hingga November 2018 belum dapat mencetak permohonan permintaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) karena kehabisan stok blanko di wilayah itu.

"Disdukcapil Biak sudah mengajukan permintaan blanko e-KTP ke Kemendagri tetapi sampai saat ini belum ada droping pengiriman ke Biak, saya minta warga bersabar menunggu droping blanko dokumen kependudkan elektronik," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Biak Akab Sanadi di Biak, Senin (26/11).

Ia menyebut stok blanko e-KTP yang dimiliki Disdukapil Kabupaten Biak Numfor sebanyak 2.000 eksamplar sudah habis tercetak untuk kebutuhan pelayanan permintaan e-KTP.

Plt Kadisdukcapil Akab Sanadi mengakui menjelang Pemilu serentak 2018 warga dari berbagai kampung di Kaupaten Biak Numfor mulai mengurus dokumen kependudukan e-KTP.

Akab menyebut setiap hari permintaan layanan dokumen kependudukan dari di Disdukcapil Kabupaten Biak Numfor mencapai hingga seratusan warga dari berbagai kampung dan distrik.

"Untuk warga yang sudah merekam e-KTP akan diberikan surat keterangan sebagai penganti sementara kartu tanda penduduk," ujarnya.

Hingga, Senin aktivitas layanan di kantor Disdukcapil Biak Jalan Majapahit distrik Samofa masih ramai dan berjalan lancar meski stok blanko e-KTP habis.

Berdasarkan data jumlah wajib KTP elektronik? di Kabupaten Biak Numfor hingga September 2018 tercatat sebanyak 100.732 jiwa dan sudah melakukan perekaman 72.139 jiwa atau 71,61persen. (Antaranews)

 

Editor : Melki Pangaribuan

Back to Home