Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:10 WIB | Rabu, 29 Juni 2016

BMKG Prediksikan Hujan Saat Lebaran

Pelepasan mobil cuaca untuk mendukung kegiatan Posko Info Cuaca Angkutan Lebaran BMKG 2016. (Foto: bmkg.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan turun hujan menjelang dan pada Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Kami perkirakan sampai Lebaran situasinya masih seperti ini, masih basah karena ada potensi hujan," kata Kepala Badan Metereologi BMKG Andi Eka Sakya di Jakarta, Rabu (29/6), yang dikutip dari Antara.

Dia mengatakan, hingga kemarin kondisi cuaca masih basah dan gelombang cukup tinggi meski di bagian timur angin dari Australia semakin melemah, sehingga wilayah Indonesia semakin banyak yang basah.

Diperkirakan, pada pekan ini hujan lebih banyak di sebelah utara khatulistiwa, dan pekan depan masih akan terus dipantau tren cuacanya, karena ada banyak gangguan cuaca yaitu uap basah dari Samudera Hindia.

Uap basah itu, didorong oleh dipole mode negatif yang kemungkinan hingga sekarang masih mempengaruhi cuaca di sebagian wilayah Indonesia dan gelombang tinggi.

"Gelombang tinggi pada 23-24 Juni kemarin, pada puncak-puncaknya dan sekarang bergerak ke sebelah timur," kata dia.

Terkait titik rawan bagi pemudik, tentunya jika terjadi hujan perlu diwaspadai. Di samping itu, di daerah-daerah pantai utara, banjir rob juga tinggi sehingga perlu diwaspadai.

"Kita harapkan hujannya tidak selebat kemarin tapi tetap waspada, apalagi temperatur udara tidak sepanas tahun lalu. Kecenderungan lebih dingin itu bagi para pemudik yang mengendarai dalam waktu yang panjang, akan kelelahan. Saya kira perlu diingatkan," katanya.

Pelepasan Posko Info Cuaca BMKG

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi, Dr Yunus Subagyo Swarinoto MSi, pada Selasa (28/6), telah melakukan pelepasan mobil cuaca untuk mendukung kegiatan Posko Info Cuaca Angkutan Lebaran BMKG 2016 (1437 H), seperti dilansir dari situs bmkg.go.id.

Posko Info Cuaca BMKG itu akan bertugas di Pelabuhan Merak di Dermaga II. Posko itu akan bertugas mulai dari tanggal 28 Juni hingga tanggal 7 Juli 2016. Selain di Pelabuhan Merak, Posko Info Cuaca BMKG juga ada di Kementerian Perhubungan dan seluruh wilayah Indonesia, serta siap bertugas untuk mendukung kelancaran angkutan mudik Lebaran. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home