Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 00:16 WIB | Rabu, 28 Oktober 2020

Bob Dylan Ubah Namanya karena Khawatir Anti Semitisme

Musisi Bob Dylan tampil bersama The Band di Forum di Los Angeles pada 15 Februari 1974. Transkrip wawancara yang kehilangan tahun 1971 antara Dylan dengan mendiang artis blues Amerika, Tony Glover, dan surat keduanya mengungkapkan bahwa Dylan mengubah namanya dari Robert Zimmerman karena dia khawatir tentang anti semitisme. (Foto: dok. AP)

BOSTON, SATUHARAPAN.COM-Sebuah wawancara dari penyanyi Bob Dylan yang hilang, seperti judul lagunya: “Blowin ’in the Wind” hampir selama setengah abad muncul di sebuah rumah lelang dI Boston, Amerika Serikat.

Transkrip wawancara tahun 1971 dengan mendiang artis blues Amerika, Tony Glover, dan surat-surat kedua sahabat itu mengungkapkan bahwa Dylan mengubah namanya karena dia khawatir dengan anti semitisme. Juga terungkap bahwa di menulis "Lay Lady Lay" untuk aktris Barbra Streisand.

Beberapa dari 37 halaman transkrip yang diketik berisi catatan tulisan tangan dan coretan Dylan sendiri, kata RR Auction, yang menjual arsip Dylan milik Glover. "Pekerjaan saya adalah hal yang mengharukan," tulis Dylan di satu tempat. Di tempat lain, dia menggunakan spidol biru.

“Dalam banyak kasus, penghapusan lebih jelas daripada penambahan,” kata Bobby Livingston, wakil presiden eksekutif rumah lelang itu.

Dylan, 79 tahun, berteman dekat dengan Glover, yang meninggal tahun lalu. Kedua pria itu memainkan musik di kedai kopi yang sama di Minneapolis. Janda Glover, Cynthia Nadler, mengajukan dokumen untuk dilelang, dengan penawaran online akan dimulai 12 November dan berjalan hingga 19 November.

Penerima Nobel Sastra 2016

Dylan yang menyendiri memenangkan hadiah Nobel bidang sastra pada tahun 2016 atas lagunya "Blowin 'in the Wind", "Likea Rolling Stone", "The Times They Are a-Changin'", dan lagu kebangsaan tahun 60-an lainnya kepada dunia. Dia lahir sebagai Robert Zimmerman di Duluth, Minnesota. Dan obrolannya yang bertele-tele dengan Glover membantu menjelaskan perubahan nama itu.

Pada tanggal 22 Maret 1971, percakapan dimulai dengan Dylan bercanda: "Maksud saya, itu tidak akan berhasil jika saya mengubah nama menjadi Bob Levy. Atau Bob Neuwirth. Atau Bob Donut.”

Namun dengan tambahan tulisan tangan, nadanya menjadi lebih serius ketika Dylan membahas identitas Yahudinya. “Banyak orang mendapat kesan bahwa orang Yahudi hanyalah pemberi pinjaman dan pedagang. Banyak orang berpikir bahwa semua orang Yahudi seperti itu. Ya, mereka dulu karena hanya itu yang terbuka untuk mereka. Hanya itu yang boleh mereka lakukan," tulisnya.

Dalam wawancara, Dylan juga ingat ketika dia terkenal dengan band elektrik di Festival Rakyat Newport 1965 di Rhode Island, di mana orang-orang puritan di kerumunan mencemoohnya. “Ya, itu adalah malam yang aneh,” katanya.

Ada juga sepucuk surat yang ditulis Dylan pada Februari 1962, sebulan sebelum dia merilis album debutnya, di mana dia mengutip legenda rakyat Woody Guthrie: "Kadang-kadang aku merasa seperti orang bodoh."

Lagu "Lay Lady Lay" dikatakan ditulis untuk film pemenang Oscar 1969 "Midnight Cowboy," tapi Dylan mengatakan kepada Glover bahwa dia menulisnya sebagai lagu untuk Streisand. Dia tidak merinci sifat hubungan mereka.

Wawancara awalnya adalah untuk sebuah artikel yang ditulis Glover untuk majalah Esquire, tetapi Dylan kehilangan minat, dan karya itu tidak pernah selesai, kata RR Auction. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home