Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 11:34 WIB | Kamis, 13 September 2018

"Borobudur" di International Indie Music Festival 2018

Petruk Gandrung (penutup kepala garis-garis) saat tampil pada Festival Musik Rumah 2018 di Kopi Nogo SLeman, Minggu (19/8) malam. (Foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Mewakili Yogyakarta pada International Indie Music Festival (IIMF) 2018, musisi-vokalis dengan nama panggung Petruk Gandrung akan membawakan lagu karyanya berjudul "Borobudur". Sebanyak 30 musisi dari berbagai negara akan memeriahkan perhelatan IIMF 2018.

IIMF 2018 digelar sebagai bagian dari Pekan Raya Indonesia di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, pada 27 September hingga 7 Oktober 2018 mendatang akan diramaikan sejumlah nama band diantaranya Efek Rumah Kaca, Sore, Barasuara, Payung Teduh, Bangku Taman, Mocca, Endah N Rhesa dan White Shoes & The Couples Company, termasuk sejumlah band indie yang baru muncul.

Ditemui satuharapan.com saat terlibat dalam Festival Musik Rumah (FMR) 2018 di Kopi Nogo, Sleman, Minggu (19/8) malam Petruk Gandrung menjelaskan bahwa "Borobudur" yang menjadi salah satu lagu yang akan ditampilkan di IIMF 2018 rencananya akan dimainkan berkolaborasi dengan Barasuara.

"Borobudur adalah mahakarya multi-dimensional yang telah diciptakan berabad-abad lalu, kita harus bangga-percaya bahwa kita adalah bangsa yang cerdas," jelas Petruk tentang karya lagunya berjudul Borobudur.

Lagu Borobudur yang bergenre etnik dengan sentuhan orkestra pada beberapa bagian lagu merupakan interpretasi yang dibuat Petruk saat terlibat pada sebuah penyelenggaraan event yang diadakan di Omah Mbudur Magelang bertepatan dengan Hari Warisan Dunia 2018 pada Bulan April lalu. Lagu Borobudur sendiri merupakan musikalisasi puisi Petruk Gandrung dari judul yang sama.

Pada beberapa bait lagu Petruk menyertakan mantra/matram Gayatri Om bhur bhuvah svah,tat savitur varenyam, bhargo devasya dhimahi, dhiyo yo nah pracodayat. (O cahaya bersinar yang telah melahirkan semua loka atau dunia kesadaran, O Tuhan yang muncul melalui sinarnya matahari sinarilah budi kami), sebagai sebentuk doa kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Menuju perhelatan IIMF 2018, Petruk Gandrung melakukan mini-tour dalam beberapa kegiatan seni-budaya diantaranya Mantra Malam di Pendapa Cekokan-Yogyakarta (28/8), Grebeg Seni Purworejo di amphiteater Alun-alun Purworejo (8/9), Festivaland di Hutan Wisata Tinjomoyo-Semarang (14/9), untuk memperkenalkan lagunya sekaligus dukungan pada penampilannya di IIMF 2018.

Teaser lagu Borobudur bisa dilihat pada laman youtube: https://www.youtube.com/watch?v=jomkPodOerc.

 
Back to Home