Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:30 WIB | Senin, 25 Mei 2015

BPOM: Hasil Uji Beras Sudah di Polri

Sejumlah pembeli memilih beras di salah satu toko pasar beras Induk Cipinang, Jakarta, Kamis (21/5) guna mengantisipasi beredarnya beras sintetik atau beras plastik. (Foto: Antara/Reno Esnir)

JAKARTA, SATUHARAPAN. COM - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Roy Sparingga mengatakan, hasil uji sampel dari beras plastik telah diserahkan ke pihak Kepolisian RI, di Jakarta, Senin (25/5).

"Hasil uji sampel sudah kami berikan kepada Polri, untuk ditindaklanjuti, namun hasilnya tidak bisa kami sampaikan," ujar Roy di kompleks istana kepresidenan, Jakarta.

Namun Roy menegaskan, Badan POM hanya memberikan hasil uji laboratorium atas sampel beras yang disinyalir terbuat dari plastik itu, bukan memberikan rekomendasi.

Roy mengatakan, sampel beras tersebut diuji kandungannya, apakah terdapat bahan material plastik.

Sebelumnya, warga Indonesia dikagetkan adanya temuan beras sintetis yang diduga kuat terbuat dari plastik dan disinyalir diimpor dari Tiongkok.

Menyikapi masalah beras sintetis itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kebenaran masalah isu beras plastik kini sedang dalam penelitian di laboratorium.

"Beras itu, sedang diuji di tiga laboratorium termasuk di Institut Pertanian Bogor (IPB) dan lab umum. Kita tunggu saja hasilnya," kata Jokowi di sela kunjungan kegiatan Car Free Day di Solo, Minggu (24/5).

Presiden juga mempertanyakan motif atas merebaknya isu beras plastik di Bekasi atau di salah satu warung makan tersebut, sekadar mencari keuntungan, atau ada motif lain. Namun, hal itu tidak masuk logika karena harga beras palsu itu kabarnya lebih mahal dibanding beras asli.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home