Loading...
INSPIRASI
Penulis: Elvin Wangsa 01:00 WIB | Jumat, 04 September 2015

Budaya Antre

Setiap orang memiliki prioritas.
Mahasiswa sedang mengantre untuk menulis daftar hadir praktikum (foto: elvin wangsa)

SATUHARAPAN.COM – Budaya merupakan nilai dan norma yang berlaku dimasyarakat pada wilayah tertentu yang dilakukan terus-menerus dan dituturtinularkan dari generasi ke generasi. Nilai adalah cara pandang seseorang terhadap sesuatu, sedangkan norma mengarah kepada aturan-aturan yang mengatur perilaku orang di hadapan orang lain. Budaya antre menjadi sulit ditemui di Indonesia pada masa ini.

Banyak anak muda yang tak lagi mempedulikannya. Banyak alasan yang dibuat. Tak hanya anak muda, orang dewasa pun  kadang menyerobot antrean ketika hendak membeli atau membayar sesuatu sesuatu.

Namun, saya terkejut ketika melihat mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang mengantre dengan tertib saat hendak mengisi daftar hadir kuliah praktikum Ilmu Tanaman Pangan di Sawah Baru, Dramaga Bogor. Ini merupakan pemandangan langka ketika banyak pandangan yang mulai mempertanyakan hilangnya budaya antre dari orang Indonesia. Itu berarti masih ada sekelompok masyarakat yang suka mengantre.

Budaya antre akan membuat kita belajar menghargai waktu orang lain. Mereka juga punya prioritas! Namun, tidaklah salah apabila anak muda yang berada di depan memberikan kesempatan kepada orang yang lebih tua. Apalagi untuk lansia. Berdiri dalam jangka waktu lama pastilah lebih melelahkan mereka ketimbang orang yang masih berusia muda. Itu juga bisa dipandang sebagai bentuk penghormatan terhadap orang yang lebih tua.

Nah, selamat mengantre!

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home