Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:04 WIB | Sabtu, 27 April 2024

Sekjen NATO: Sekutu Miliki Sistem Pertahanan Udara Yang Dapat Diberikan kepada Ukraina

Prajurit Ukraina melewati lokasi sebuah bangunan yang rusak akibat serangan Rusia di Dnipro, Ukraina, hari Jumat, 19 April 2024. (Foto: AP/Andriy Andriyenko)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, pada hari Jumat (19/4) mendesak negara-negara anggota untuk memberikan lebih banyak sistem rudal Patriot ke Ukraina ketika Presiden Volodymyr Zelenskyy mengulangi seruan Kiev yang hampir setiap hari meminta lebih banyak peralatan pertahanan udara Barat.

“NATO telah memetakan kemampuan yang ada di seluruh aliansi dan ada sistem yang dapat disediakan untuk Ukraina,” kata Stoltenberg kepada wartawan setelah pertemuan online para menteri pertahanan dari aliansi 32 negara tersebut, yang dihadiri Zelenskyy dari jarak jauh.

Angkatan udara Rusia jauh lebih kuat dibandingkan Ukraina, namun sistem rudal canggih yang disediakan oleh mitra Kiev di Barat merupakan ancaman besar bagi penerbangan Rusia ketika pasukan Kremlin perlahan-lahan maju ke garis depan perang sepanjang sekitar 1.000 kilometer (620 mil).

Kiev sedang mencari setidaknya tujuh baterai Patriot. Stoltenberg menolak untuk mengatakan negara-negara NATO mana yang memiliki sistem pertahanan udara atau berapa banyak yang mungkin tersedia, dengan mengatakan bahwa ini adalah informasi rahasia, namun dia bersikeras bahwa dia mengharapkan negara-negara tersebut untuk segera membuat pengumuman dukungan baru, tidak hanya Patriot.

“Sekutu harus menggali lebih dalam persediaan mereka dan mempercepat pengiriman rudal, artileri, dan amunisi. Ukraina menggunakan senjata yang kami sediakan untuk menghancurkan kemampuan tempur Rusia. Ini membuat kita semua lebih aman,” katanya.

“Dukungan kepada Ukraina bukanlah sebuah amal. Ini adalah investasi pada keamanan kita sendiri,” tambah Stoltenberg.

Pembuatan baterai rudal Patriot membutuhkan waktu dua tahun, sehingga negara-negara yang memilikinya mungkin enggan membiarkan diri mereka terpapar karena alasan keamanan. Jerman memiliki total 12 unit, namun memasok tiga unit ke Ukraina. Polandia, yang berbatasan dengan Ukraina, hanya memiliki dua senjata dan membutuhkannya untuk pertahanannya sendiri.

Yunani, Belanda, Rumania dan Spanyol juga memiliki Patriot. Salah satu keuntungan utama dari hal itu, selain keefektifannya, tentang sistem buatan AS itu adalah bahwa pasukan Ukraina sudah terlatih dalam penggunaannya.

NATO memantau stok senjata yang dimiliki oleh 32 negara anggotanya untuk memastikan bahwa mereka mampu melaksanakan rencana pertahanan organisasi tersebut pada saat dibutuhkan.

Namun Stoltenberg mengatakan bahwa jika tidak mengikuti pedoman tersebut adalah “satu-satunya cara sekutu NATO dapat menyediakan senjata yang dibutuhkan Ukraina untuk mempertahankan diri, maka itu adalah risiko yang harus kita ambil.”

Selain menyediakan baterai Patriot baru, Stoltenberg mengatakan bahwa penting juga bagi sekutu untuk memastikan bahwa baterai yang mereka kirim terpelihara dengan baik, memiliki suku cadang dan banyak rudal pencegat. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home