Loading...
DUNIA
Penulis: Christine Putri 00:00 WIB | Jumat, 22 Maret 2013

Buku Seukuran Lubang Jarum Siap Pecahkan Rekor

Shiki no Kusabana, buku mikroskopik setebal 22 halaman yang berisikan ilustrasi bunga-bunga khas Jepang. Buku ini dipersiapkan untuk memecahkan rekor (dok.telegraph.co.uk)

TOKYO - Penerbit asal Jepang berhasil mencetak buku berukuran mikroskopik setebal 22 halaman, yang berukuran hampir sama dengan besar lubang jarum. Buku ini akan ajukan ke Guinness World Record sebagai buku terkecil di Dunia.

Dalam buku berjudul Shiki no Kusabana yang dicetak oleh penerbit Toppan Printing tersebut, terdapat beragam ilustrasi bunga Jepang dalam warna hitam putih.  Dengan ukurannya yang hanya sebesar 0,75 milimeter itu membuatnya teramat sulit untuk dibaca tanpa memakai bantuan alat pembesar khusus.

Tidak hanya memuat beragam ilustrasi bunga-bunga khas Jepang seperti bunga sakura, di dalam Shiki no Kusabana juga terdapat sejumlah tulisan dengan ukuran hanya 0,01 milimeter.

Menurut penerbit Toppan, untuk bisa membuat tulisan yang berukuran sangat kecil itu mereka menggunakan cara yang sama dengan teknologi untuk mencegah pemalsuan pada uang. Toppan sendiri memang bukanlah penerbit buku biasa, karena sejak tahun 1964 mereka memang telah beberapa kali mencetak buku dengan ukuran huruf sebesar 0.01 milimeter.

Tentu saja buku ekstra kecil ini tidak dibuat untuk konsumsi publik, dikarenakan ukurannya yang jelas tidak mungkin dibaca tanpa bantuan alat khusus.

Bagi masyarakat yang mungkin berkeinginan untuk memiliki Shiki no Kusabana, pihak penerbit telah menjualnya dalam sebuah paket,  yang di dalamnya terdapat kaca pembesar serta kopian buku dengan ukuran lebih besar. Pihak Toppan membandrol buku tersebut dengan harga 29.400 yen, atau sekitar 29 juta rupiah. Namun jika ingin sekedar melihat-lihat buku itu, penerbit Toppan telah memamerkannya di museum Toppan Printing di Tokyo.

Buku terkecil di dunia

Untuk saat ini, gelar buku terkecil di dunia versi Guinness World Record masih dipegang oleh buku berjudul Chameleon, karya seniman asal Siberia bernama Anatoli Konenko. Buku tersebut memecahkan rekor pada tahun 1996. Chameleon berukuran hanya 0.9 milimeter  dengan tebal 30 halaman dan memiliki 3 halaman dengan ilustrasi berwarna.

Chameleon hanya dicetak dalam jumlah terbatas yakni sebanyak 100 buku, dan tersedia dalam bahasa Inggris dan Rusia.

 

(dari berbagai sumber)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home