Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 19:32 WIB | Sabtu, 26 Oktober 2013

Buku Tentang Kecintaan Kepada Alam dari Paus Benediktus Diluncurkan

Paus Benediktus XVI. (Sumber Zero Hedge)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM – Sebuah buku baru kumpulan pidato Paus Benediktus XVI tentang lingkungan dan hubungan manusia dengan alam mengungkapkan kasih dan kepedulian terhadap alam dan hewan. Dalam buku itu, Paus Benediktus menulis jika seseorang memiliki hati untuk perdamaian berarti juga harus memiliki kesadaran tentang hubungan antara lingkungan alam dan lingkungan manusia. Hal itu dikatakan Monsignor Alfred Xuereb, sekretaris pribadi Paus Emeritus Paus Benediktus yang sekarang menjadi sekretaris pribadi Paus Fransiskus.

"Ada hubungan lahiriah tak terpisahkan antara perdamaian untuk penciptaan dan perdamaian di antara manusia," kata Monsignor Xuereb. Dia  mengutip buku bahwa Paus Benediktus menelusuri perhatiannya atas lingkungan dalam masyarakat manusia, terutama keluarga. "Ini adalah kalimat perenungan," kata Monsignor.

Antologi ini menekankan tanggung jawab manusia atas penciptaan, tambahnya. "Dalam teks-teks yang disajikan dalam antologi itu, Paus Benediktus menyebut kata pertanggungjawaban 39 kali. Ini berarti bahwa manusia belum cukup bertanggung jawab, belum menyadari pentingnya pribadi manusia."

"Saya percaya bahwa buku ini akan menjadi sumbangan bagi kemanusiaan, mungkin menjadikan selalu lebih bertanggungjawab atas rahmat besar yang telahAllah berikan kepada kita, bukan sebagai pemilik, tetapi sebagai penjaga."

"Untuk mengenali Penciptaan sebagai rahmat Allah kepada kemanusiaan membantu kita untuk memahami panggilan dan nilai manusia," katanya.

"Tidak masuk akal memelihara alam, tumbuhan, dan kemudian membenci manusia. Menghormati manusia sebagai akibatnya  mengarah menghormati alam." (Catholic News Agency)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home