Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 08:04 WIB | Senin, 27 Juli 2015

Burkina Faso Tunda Bayar Gaji 1.200 PNS Karena Curang

Peta Burkina Faso (Foto: google map)

OUAGADOUGOU, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Burkina Faso pada hari Sabtu (25/07) mengumumkan penghentian pembayaran gaji lebih dari 1.200 pegawai negeri sipil (PNS) - yang mewakili hampir satu persen ketenagakerjaan umum negara itu. Penundaan dimaksudkan untuk memerangi dugaan kecurangan dalam penggajian.

Gaji untuk 1.213 pegawai sipil yang ditemukan dalam “situasi yang tidak teratur atau tidak diketahui” akan ditangguhkan, menurut pernyataan pemerintah yang diterima oleh AFP. Jumlah tersebut mewakili hampir satu persen dari total 135.563 PNS di negara itu.

Langkah tersebut muncul setelah pihak berwenang pada Mei dan Juni mengambil sejumlah langkah untuk membayarkan gaji sektor pemerintah secara langsung kepada karyawan daripada melalui deposito akun bank pada umumnya. Langkah ini dirancang untuk memverifikasi penerima sah gaji negara, sekaligus memberantas para penipu yang menerima pembayaran untuk PNS fiktif. fiktif.

Gaji juga dihentikan bagi 200 PNS sipil lain yang status dan aktivitasnya saat ini dibekukan.

Penangguhan tersebut akan memungkinkan pemerintah Burkina Faso untuk sementara waktu mengurangi pengeluaran gaji PNS sebesar 2,7 miliar CFA (sekitar Rp60,7 miliar) setiap tahun.(Ant/AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home