Loading...
INDONESIA
Penulis: Martha Lusiana 16:56 WIB | Jumat, 24 Juli 2015

Pemerintah Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Penerimaan CPNS

Ilustrasi: pegawai negeri sIpil. (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap pengumuman penerimaan calon pegawai negeri sipil palsu.

"Sesuai dengan kebijakan, pemerintah meniadakan penerimaan CPNS tahun 2015. Kami meminta masyarakat selalu menjadikan laman resmi Kemenpan-RB, www.menpan.go.id sebagai rujukan," ujar Deputi SDM Aparatur Kemenpan-RB, Setiawan Wangsaatmadja, di sela-sela kunjungan jajaran Kemenpan-RB ke berbagi instansi pemerintah di Jakarta bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi, Jumat (24/7).

Setiawan menyesalkan banyaknya informasi sesat yang disebarkan melalui media sosial tentang adanya penerimaan CPNS pada tahun 2015 di beberapa lembaga negara seperti Badan Narkotika Nasional dan di beberapa daerah.

Menurutnya, masyarakat harus tahu bahwa pemerintah tidak melakukan penerimaan CPNS pada tahun 2015 sesuai dengan Surat Edaran (SE) dari Menpan-RB Nomor B/2163/M.PAN-RB/06/2015 yang ditujukan kepada para kepala daerah dan pejabat pembina kepegawaian di tingkat pusat.

Beberapa alasan tidak dilakukan penerimaan CPNS pada tahun 2015, sesuai surat edaran, adalah ada beberapa instansi pusat dan daerah yang belum menyelesaikan penetapan struktur organisasi dan peta jabatan, menetapkan kebutuhan pegawai, menyampaikan data realitas jumlah PNS, dan perkiraan PNS yang akan pensiun. 

Selain itu, pemerintah belum menyediakan anggaran penerimaan CPNS tahun 2015, baik anggaran untuk penyusunan naskah soal, biaya mengunggah naskah soal ke sistem Computer Assisted Test (CAT), maupun biaya pelaksanaan seleksi.

Penerimaan CPNS akan kembali dibuka pada 2016, namun terbatas untuk bidang pendidikan, penegak hukum, serta kesehatan.

"Selain itu pemerintah akan menerima jabatan fungsional teknis tertentu yang sesuai dengan program Nawa Cita pemerintahan Presiden Joko Widodo," tutur Setiawan. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home