Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:50 WIB | Senin, 24 April 2017

Capres Prancis Marcon Rayakan Kemenangan Putaran Pertama

Kandidat pilpres Prancis Emmanuel Macron (tengah) terlihat di restoran La Rotonde di Paris, pada tanggal 23 April 2017, setelah putaran pertama pemilihan Presiden. Emmanuel Macron Pro-Eropa akan untuk berhadapan dengan kandidat sayap kanan ekstrem Marine Le Pen putaran selanjutnya, hasilnya menunjukkan pada 24 April, membuatnya menjadi kandidat favorit untuk menjabat pemimpin termuda dalam sejarah negara tersebut. (Foto: AFP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Kandidat presiden Prancis, Emmanuel Macron, hari Minggu (23/4), merayakan kemenangannya dalam pemilihan presiden Prancis putaran pertama di pusat jajanan Left Bank di Paris yang dulu sering dikunjungi sastrawan Ernest Hemingway dan artis ternama lain.

Pilihan bersantap di restoran La Rotonde di Montparnasse, sesuai minat Macron pada sastra, ia mengutip kata-kata dari penyair dan filsuf dalam kampanyenya. Walaupun bersikeras ia bukan sayap kiri atau sayap kanan, La Rotonde memiliki nuansa anti-kemapanan.

Di seberang kota, kantor media Kementerian Dalam Negeri menyediakan minuman anggur, sementara staf dan wartawan menghela napas lega karena penghitungan suara berjalan lancar.

Penghitungan surat suara pemilihan presiden Prancis hampir selesai. Sejauh ini hasilnya menunjukkan Emmanuel Macron dari sayap tengah dan ketua ekstrim kanan Marine Le Pen unggul setelah pemilihan yang berlangsung ketat dan luar biasa.

Setelah 89,7 persen surat suara dihitung, Macron meraih 23,7 persen suara dan Le Pen meraih 21,9 persen. Francois Fillon dari konservatif di tempat ke tiga dengan 19,9 persen, dan kandidat extreme kiri Jean-Luc Melenchon mendapat 19,2 persen suara.

Hasil itu sesuai proyeksi lembaga pemungutan suara yang menunjukkan Macron dan Le Pen maju ke pemilihan putaran kedua, 7 Mei. (VOA)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home