Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:34 WIB | Senin, 25 Mei 2015

Cara Pendaftaran Siswa Baru Online

Ilustrasi. (Foto: smkn1metro.org)

SATUHARAPAN.COM  - Pendaftaran untuk siswa baru tahun ajaran 2015/2016 dibuka melalui online. Pendaftaran secara online melalui Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) telah dibuka untuk semua jenjang, dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA). 

Pada prinsipnya, pendaftaran siwa baru online, memudahkan siswa untuk mengakses dari mulai proses penerimaan sampai dengan pengumuman secara real time. Untuk mendaftar melalui online tidaklah sulit. Siswa atau wali murid tidak harus bersusah payah mengantre panjang di sekolah bersangkutan, atau sekadar menebus formulir. Cukup dengan mengakses informasi seputar pendaftaran melalui situs resmi siap-ppdb.com di masing-masing daerah yang sudah siap, selanjutnya mengikuti prosedur sampai dengan selesai.

Saat ini proses pendaftaran siswa baru melalui siap-ppdb.com belum sepenuhnya diadopsi kota kabupaten di Indonesia. Hanya beberapa kota dan kabupaten besar di sebagian provinsi maju yang ada di Indonesia, yang sudah mengadopsinya.

Tata Cara Pendaftaran Siswa Baru Online

-Buka situs resmi siap-ppdb.com, kemudian ikuti pendaftaran seperti membuat akun. Dapat menggunakan email, facebook, atau twitter lebih mudah.

-Setelah proses pendaftaran akun selesai, jangan lupa konfirmasi pendaftaran, kemudian mulailah mengisi formulir.

-Jangan lupa memilih jenjang pendidikan sesuai yang Anda inginkan, seperti SD, SMP, SMA.

-Jika semua proses pendaftaran sudah benar, dan diselesaikan, segera kirim formulir online melalui situs resmi yang telah disebutkan.

-Untuk proses pendaftaran yang sudah diikuti, wali murid akan diminta mengkonfirmasi data melalui dinas setempat bila dibutuhkan, jika tidak cukup dengan mengisi formulir pendaftaran secara online bagi siswa baru.

-Jangan lupa untuk mencetak bukti pendaftaran, dan menyelesaikan pendaftaran, serta menyalin jadwal tes sesuai yang telah ditetapkan oleh panitia setempat.

Proses kelengkapan akan dilakukan melalui dinas setempat, jadi persiapkan diri untuk mengikuti tes ataupun seleksi siswa baru .

Dari beberapa informasi mengenai pendaftaran siswa baru, proses pendaftaran akan dilaksanakan dalam waktu yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah. Kebijakan penerimaan sepenuhnya  diatur oleh otonomi daerah setempat. Dalam beberapa proses pendaftaran, pencocokan data akan dilakukan melalui dinas pendidikan setempat untuk verifikasi.

Langkah Mendaftar Sekolah melalui PPDB Online

Berikut ini cara mendaftar SMP negeri reguler melalui Web PPDB Online, sebagai contoh untuk tingkat SMP di wilayah DKI Jakarta.

 -Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri  (SMPN) Provinsi DKI Jakarta, ada 4 Langkah + 1, yang harus dilakukan para pendaftar untuk bisa mendaftar SMP melalui Web PPDB Online. Empat langkah pertama adalah proses meng-input data siswa dan 1 langkah terakhir mencetak bukti pendaftarannya. Berikut langkahnya :

-Masuk ke Web PPDB SMP Online, contoh untuk Jakarta  http://jakarta.siap-ppdb.com//info/ajuan.html

-Pilih Reguler

-Setelah terbuka form pendaftarannya, masukkan Nomor Ujian Siswa tanpa tanda batas, Misal : 03-216-032-9; Input : 032160329.

-Jenjang biarkan tetap SMP

-Masukkan kode gambar yang muncul.

-Kemudian klik tombol Lanjut

-Data di tampilan pada langkah kedua ini adalah, data Siswa yang diambil berdasarkan Database Peserta Ujian Nasional Kemdikbud, seperti Tanggal Lahir, Asal Sekolah, data Nilai Ujian Nasional.

-Masukkan Nama Orang Tua pada bagian Biodata Orang Tua.

-Pada Pilihan Sekolah; masukkan Pilihan Sekolah SMP yang pertama, kedua, dan ketiga.

-Pastikan Data Orang Tua dan Pilihan Sekolah yang diinginkan sudah benar, kemudian klik tombol Lanjut.

-Pada langkah ketiga ini, ada Tiga Tab Informasi yang bisa dilihat, yaitu : Sekilas; Data Siswa, dan Data Tambahan.

-Pendaftar bisa memeriksa kembali Data Siswa dan Data Pilihan sekolah yang akan dituju dan apabila ingin mengubah Data dan Tujuan sekolah, bisa mengklik pilihan 'Langkah Sebelumnya'; yang berada di sebelah kiri tombol lanjut.

-Bila data sudah benar, klik, maka kalimat 'Setuju dengan pernyataan di atas', kemudian klik 'Simpan'.

-Langkah keempat merupakan langkah terakhir, dari proses Pengajuan PPDB SMP Online, dan Anda hanya tinggal mengklik tombol 'Cetak Bukti Pendaftaran'.

-Setelah tombol cetak diklik, akan muncul window baru yang berisi form cetak 'Tanda Bukti Pengajuan Pendaftaran Peserta Didik Baru'.

-Apabila tidak muncul window baru, berarti browser tidak mengizinkan adanya Pop Up, klik Tombol 'Allow' pada sudut kanan atas browser, dan klik tombol 'Cetak Bukti Pendafaran' sekali lagi.

-Klik 'OK' untuk mencetak ke printer.

Catatan

-Pastikan printer Anda aktif dan terhubung dengan komputer. Bila melakukan pendaftaran di Warnet atau Rental Komputer, pastikan tempat tersebut menyediakan printer untuk mencetak Bukti Pendaftaran.

-Apabila tidak tersedia printer di tempat Anda melakukan pendaftaran online, maka yang harus Anda lakukan adalah mencatat 'No. Ujian Pengganti' dan 'Kode Verifikasi'. Anda bisa mencetaknya di tempat lain.

-Simpan Tanda Bukti Pendaftaran tersebut untuk melakukan verifikasi di Sekolah SMPN mana pendaftar diterima nantinya.

-Apabila ingin mengganti Pilihan Sekolah, pendaftar dapat mengulang proses pendaftaran dari Langkah Pertama, kemudian pada Bagian Pilihan Sekolah masukkan Pilihan Sekolah yang diinginkan. Lanjutkan hingga Langkah 4 dan Cetak Tanda Bukti Pendaftaran yang Baru. (populer.web.id/jakarta.siap-ppdb.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home