Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 07:48 WIB | Rabu, 18 Januari 2017

Cegah Kecurangan Saat Pencoblosan, Agus-Sylvi Bikin Aplikasi

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sylviana Murni (kanan) menjawab pertanyaan calon pasangan lain dalam acara debat tahap pertama yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta, 13 Januari lalu. (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pasangan nomor urut satu di Pilgub DKI 2017, Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, membuat aplikasi berbasis IT untuk mengantisipasi kecurangan menjelang proses pencoblosan. Aplikasi tidak hanya ditujukan untuk relawan melainkan juga warga pada umumnya.

“Dalam rangka menjaga suara Agus-Sylvi dan untuk melawan kemungkinan kecurangan, maka Agus-Sylvi menyiapkan sebuah aplikasi berbasis IT. Silakan di-download dan di-instal di Android yang dimiliki. Sistem ini tanggal 21 Januari akan resmi di-launching dalam kampanye akbar AHY-Sylvi,” kata Jubir Agus-Sylvi, Imelda Sari, dalam keterangan persnya, di Jakarta, hari Selasa (17/1).

Imelda memaparkan empat tujuan pendukung Agus-Sylvi dan warga menggunakan aplikasi ini. Yang pertama adalah untuk melaporkan praktik kecurangan sebelum dan saat pencoblosan. “Identitas akan dirahasiakan,” kata dia.

Tujuan kedua adalah untuk membantu saksi di TPS untuk memotret dan mengunggah hasil ke aplikasi. Yang ketiga, aplikasi ini bisa memuat data pembanding formulir C1 yang diunggah KPU dan data dari saksi di TPS.

Aplikasi ini juga bertujuan mempermudah interaksi antara pendukung Agus-Sylvi dan tim sukses. Imelda mengatakan aplikasi itu sudah tersedia di Android dengan nama ‘Jaga Agus-Sylvi’.

“Semakin banyak publik dan relawan terlibat mencegah kecurangan dan melaporkan data C1, akan semakin menunjukkan adanya tingkat partisipasi aktif yang konkret mendorong kemenangan AHY-SYlvi secara jurdil,” kata dia. (demokrat.or.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home