Loading...
INSPIRASI
Penulis: Tjhia Yen Nie 06:07 WIB | Senin, 26 Juni 2017

Cinta di Hari yang Fitri

Stop provokasi! Sebarkan gerakan mencintai negeri.
Wonder Woman (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang ditunggu-tunggu.  Setelah satu bulan penuh berpuasa menahan haus dan lapar, inilah momen kemenangan yang dirayakan umat muslim.

Namun, hari raya ini tidak hanya disambut gembira umat muslim, umat nonmuslim pun ikut bergembira menyambut momen yang tahun ini bertepatan dengan hari Minggu.  Beberapa gereja memundurkan jadwal ibadah untuk menghormati mereka yang bersalat Ied.  Pegawai kantor pun ikut berlibur dengan cuti bersama yang ditetapkan Presiden Jokowi selama seminggu.  Melepas kepenatan, bersilaturahmi bersama keluarga, ditunjang dengan fasilitas pembangunan infrastruktur yang terasa nyata memudahkan gerak antarkota, membuat libur Idul Fitri ini menjadi oasis yang meneduhkan hiruk-pikuk perbedaan dan gesekan.

Walaupun tidak bepergian ke luar kota, saya ikut menikmati liburan ini dengan keluarga, lepas dari segala rutinitas. Salah satu yang berkesan adalah ketika saya menemani anak-anak menonton film Wonder Woman:  melihat aksi memukau yang dilakukan Gal Gadot sebagai Diana dalam rangka menghentikan perang yang diyakininya akibat perbuatan Dewa Ares.  Dalam penutup film tersebut ia mengatakan bahwa cintalah yang dapat menghentikan semua kejahatan.

Ares, sebagai Dewa Perang yang diyakini sebagai pencipta permusuhan, dalam salah satu percakapannya di film tersebut beralibi bahwa dirinya hanya membisikkan ide kepada manusia untuk berbuat jahat.  Manusialah yang menentukannya.

Bagaimana dengan kita? Bisikan-bisikan ide memecah belah persatuan pasti ada. Tetapi, manusialah yang menentukannya, bukan bisikan-bisikan tersebut.  Hanya cinta kita terhadap bangsa ini yang dapat menangkalnya.

Semoga masa liburan yang indah ini, di mana maaf secara lahir dan batin tulus kita ucapkan kepada teman-teman seiman maupun tidak, menjadi awal baru menuju Indonesia Jaya tanpa haters dan hoaks. Stop provokasi! Sebarkan gerakan mencintai negeri.

Selamat Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Mari bersama bangun Indonesia!

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home