Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 00:04 WIB | Minggu, 03 Mei 2015

Cordoba Hancur Lebur 0-8 oleh Barcelona

Sergio busquets (Barcelona, kaus biru) berebut bola di udara dengan pemain Cordoba, Luis Eduardo Pecheco (kaus hijau). (Foto: fifa.com).

CORDOBA, SATUHARAPAN.COM – Cordoba tidak mampu keluar dari tekanan klub pemimpin klasemen sementara Liga Spanyol, Barcelona akibatnya mereka dihancur leburkan tamu dengan kekalahan skor 0-8 pada pertandingan yang berlangsung Sabtu (2/5) malam WIB di Stadion Nuevo Arcangel, Cordoba, Spanyol.

Barcelona menjauhkan perolehan poin dari pesaing terdekat, Real Madrid. Barcelona kini di peringkat pertama dengan 87 poin dari 35 pertandingan, sementara Real Madrid di peringkat kedua dengan 34 pertandingan dan telah meraih 82 poin.

Menurut soccerway.com, Barcelona dan Real Madrid tercatat hoingga Sabtu (2/5) malam WIB di kompetisi Liga Spanyol telah mencetak lebih dari 100 gol, Barcelona telah membobol gawang lawan sebanyak 105 kali, sedangkan Real Madrid berselisih tiga gol lebih sedikit, atau 102 gol.

Sejak awal laga Barcelona tidak ragu memegang kendali permainan, akibatnya tuan rumah tidak terlalu banyak menguasai bola  berakibat banyak peluang emas bagi tim tamu. Salah satunya menit ke-11 saat Ivan Rakitic mengawali peluang mencetak gol saat dia menerima bola dari Sergio Busquets, dengan mulus bola dari sebelah kiri lini penyerangan Barcelona dia alirkan ke penyerang Barcelona, Lionel Messi. Akan tetapi saat striker tim nasional Argentina tersebut mendekati daerah berbahaya Cordoba, salah satu bek tuan rumah, Alexander Pantic menghalau bola yang sempat ditendang Messi ke arah gawang Cordoba.

Kiper Cordoba, Juan Carlos berulang kali bekerja keras seperti yang dia tunjukkan menit ke-26 saat Lionel Messi yang menggiring bola dan lepas dari pengawalan para pemain Cordoba, Inigo Lopez, dan David Omar Rodriguez, saat mendekati kotak penalti Messi menembak bola dengan kencang namun dimentahkan Juan Carlos.

Carlos lagi-lagi melakukan penyelamatan yang sama menit ke-38, kali ini Andres Iniesta melakukan percobaan dari luar kotak penalti, dan dalam posisi yang hampir sama Carlos membuang bola ke sisi kanan gawang yang dia jaga.

Carlos akhirnya takluk pada menit ke-42, gol Barcelona terjadi dari Andres Iniesta yang berinisiatif mengecoh para pemain Cordoba, Inigo Lopez, dan David Omar Rodriguez. Walau dikawal dua pemain tersebut, Iniesta masih dapat menyalurkan bola ke Ivan Rakitic yang langsung menendang bola masuk ke gawang Juan Carlos.

Kegemilangan Juan Carlos redup di akhir babak pertama setelah gol kedua Barcelona lahir. Kali ini Iniesta melakukan bola terobosan melambung di udara dari sisi kanan penyerangan Barcelona, bola dengan kencang tepat di jangkauan kepala Luis Suarez, akibatnya mantan penyerang Liverpool ini sukses menambah keunggulan Barcelona di akhir babak pertama.

Cordoba tidak berkutik di babak kedua, karena saat pertandingan baru berlangsung satu menit kesalahan Edimar Fraga yang hendak mengoper ke gelandang Cordoba lainnya, Fidel Chaves, berbuah petaka karena bola direbut bek Barcelona Dani Alves.

Bek tim nasional Brasil ini menggiring bola sendirian menyusuri lini kanan Barcelona dan menyodorkan bola tepat ke Lionel Messi yang merobek jala Cordoba.

Dani Alves berkontribusi lagi untuk gol selanjutnya, berawal dari lemparan ke dalam yang dia lakukan ke Gerard Pique bola dikembalikan lagi ke Alves, dan melakukan umpan bola ke kotak penalti lawan, dan sudah menunggu Luis Suarez yang semakin membuat tim tamu berkibar.

Barcelona menambah gol kelima dari Gerard Pique, bek tim nasional Spanyol ini mencetak gol lewat sundulan setelah menerima bola dari tendangan penjuru Xavi Hernandez.

Cordoba kehilangan semangat bermain, akibatnya terlihat berulang kali aksi saling mengumpan bola yang diperagakan Luis Pacheco dan rekannya, Bebe Tiago  mudah diantisipasi para pemain Barcelona. Hilangnya motivasi bermain Cordoba dimanfaatkan Barcelonan dengan menambah tiga gol yang menyudahi kemenangan Barcelona di sepuluh menit terakhir, Luis Suarez dan Neymar melengkapi kemenangan telak Barcelona dengan skor total 0-8.

Susunan Pemain:

Cordoba: Juan Carlos, Jose Crespo Rincon, Edimar Fraga, Inigo Lopez, David Omar Rodriguez, Alexander Pantic, Luis Eduardo Pacheco, Rene Krhin, Fidel Chaves, Bebe Tiago Manuel Dias Correia, Florin Andone.

Barcelona: Claudio Bravo, Dani Alves, Gerard Pique, Jordi Alba, Javier Mascherano, Andres Iniesta, Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar Santos Junior.

(soccerway.com/sportsmole.co.uk).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home