Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 16:47 WIB | Kamis, 27 April 2017

Darmin Yakin Ekonomi Triwulan I 2017 Tumbuh 5,1 Persen

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardjojo (kedelapan kiri) berpose bersama para deputi gubernur Bank Indonesia dan sejumlah tokoh ekonomi sebagai perwakilan dari tamu undangan usai peluncuran buku Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) tahun 2016 kepada para tamu undangan di Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (27/4). Laporan perekonomian Indonesia tersebut mengusung tema "Bersinergi Memperkuat Resiliensi, Mendorong Momentum Pemulihan Ekonomi". (Foto: Antara/Rosa Panggabean)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, meyakini pergerakan ekonomi Indonesia sepanjang Januari-Maret atau triwulan I/2017 dapat tumbuh mendekati 5,1 persen (year on year/yoy).

Menurut Darmin, stimulus tambahan untuk pergerakan ekonomi pada awal tahun ini karena perbaikan kinerja ekspor, di antaranya dengan kenaikan harga komoditas minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan karet.

Kenaikan harga CPO dan karet diyakini Darmin akan menggenjot pendapatan dan konsumsi masyarakat, khususnya di daerah penghasil komoditas seperti Kalimantan dan Sumatera.

"Kuartal-I berapa ? kalau BI bilang 4,99 persen (yoy) pertumbuhannya. Rasanya bisa dekati 5,1 persen," kata Darmin dalam peluncuran Buku Laporan Perekonomian Indonesia di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, hari Kamis (27/4).

Selain itu, kata Darmin, faktor siklus musim panen yang sudah bergeser ke triwulan I pada tahun ini dari triwulan II pada tahun lalu akan turut mendongkrak pertumbuhan produk domestik bruto (PDB).

"Faktor-faktor seperti itu, kenaikan harga sawit dan juga pergeseran musim panen kerap tidak masuk model (statistik) perhitungan," ujarnya.

Dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi di triwulan I/2017 sebesar 5,1 persen, Darmin memerkirakan pada akhir tahun ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,2-5,4 persen (yoy), setelah pada 2016 tumbuh 5,02 persen (yoy). (Ant)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home