Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 06:35 WIB | Jumat, 29 Agustus 2014

Del Piero akan Bermain di Liga India

Alessandro Del Piero. (Foto: india.com)

MUMBAI, SATUHARAPAN.COM - Pemain yang ikut membawa Italia menjuarai Piala Dunia Alessandro Del Piero siap untuk diperkenalkan sebagai rekrutan besar terkini di Liga India pada Kamis, ketika panitia penyelenggara berbicara mengenai membangkitkan "revolusi" sepak bola di negara penggila olahraga kriket itu.

Laporan-laporan mengatakan bahwa pemain 38 tahun itu telah setuju untuk bermain bagi Delhi Dynamos pada turnamen yang berlangsung selama sepuluh pekan, yang akan dimulai pada Oktober dan didesain sejalan dengan Liga Kriket India yang melibatkan lebih banyak uang.

Perekrutan Del Piero diharapkan dapat dikonfirmasi pada Kamis (28/8) malam pada konferensi pers yang dilakukan oleh panitia penyelenggara Liga India, yang sebelumnya telah membujuk mantan bintang Prancis David Trezeguet dan mantan kiper Inggris David James untuk bergabung.

Delapan tim yang berbasis di kota-kota akan ambil bagian pada turnamen yang berlangsung dari 12 Oktober sampai 20 Desember. Sejumlah klub memiliki keterkaitan dengan raksasa sepak bola Eropa seperti juara Liga Spanyol Atletico Madrid, yang menjadi pemilik bersama klub Atletico Kolkata.

Meski India hanya menempati urutan ke-150 di daftar peringkat dunia, sepak bola dapat menarik banyak penonton di sebagian besar area negara itu - khususnya di timur - dan kerap disebut-sebut sebagai "raksasa tidur" oleh presiden badan sepak bola dunia FIA Sepp Blatter.

Liga Utama Inggris menarik minat banyak penonton televisi dan para pemilik tim berharap dapat meniru kesuksesan Liga Kriket, turnamen domestik bernama Twenty20 yang memikat banyak nama-nama besar di olahraga itu.

Dikelola oleh Federasi Sepak Bola Seluruh India, Liga India mendapat dukungan dari Reliance Industries India, yang dikendalikan oleh pria terkaya negeri itu, Mukesh Ambani, dan oleh raksasa manajemen olahraga IMG.

"Liga Super India merupakan inisiatif yang bertujuan untuk merevolusi sepak bola di negeri ini," kata istri Mukesh Ambani, Nita, yang memiliki kursi di komite penyelenggara, kepada The Times of India saat diwawancarai pada Kamis.

"Langkah-langkah bayi"

"Kami merupakan negara dengan (harta) miliaran (dolar) plus namun hari ini sebagian besar penggemar India, termasuk dua putra saya, hanya berbicara mengenai Liga Utama Inggris, Liga Spanyol, atau Arsenal di dunia. Kami berharap dapat membangun sistem untuk merawat talenta dan menciptakan pahlawan-pahlawan sepak bola kami sendiri."

"Kami semua sangat senang. Bagaimanapun, saya harus berkata bahwa ini merupakan tahun-tahun awal dan kami sedang melakukan langkah-langkah bayi. Jalannya masih panjang sebelum kami membawa sepak bola ke tempat yang layak di olahraga India."

Sebelumnya sejumlah mantan pemain kriket legendaris, termasuk Sachin Tendulkar dan Sourav Ganguly, menjadi sebagian dari para pesohor yang mempromosikan turnamen ini ketika sejumlah bintang Bollywood juga menjadi sosok terdepan.

Ketika sebagian besar perhatian tertuju pada bintang-bintang asing yang telah memasuki masa senja, setidaknya lima pemain di tim inti pada masing-masing tim harus merupakan warga India.

Meski sejumlah pemain papan atas telah menyetujui kesepakatan dengan tim-tim Liga India, kapten timnas Sunil Chhetri merupakan salah satu di antara sebagian pemain internasional India yang sejauh ini menolak bergabung dengan liga.

Meski turnamen I-League yang berlangsung selama delapan bulan telah mengalami penundaan pertandingan sepanjang dilangsungkannya Liga Super India, sejumlah pemilik klub telah menyuarakan keberatannya terhadap turnamen baru, dengan mengatakan bahwa hal itu beresiko merusak sepak bola akar rumput negara tersebut. (AFP)
 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home