Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 18:50 WIB | Kamis, 31 Maret 2016

Diluncurkan, Buku Panduan Menulis di Wikipedia Indonesia

Siska Doviana, mantan Ketua Umum Wikimedia Indonesia, saat peluncuran buku panduan manual penyuntingan Wikipedia bahasa Indonesia, di Perpustakaan Goethe-Institut, Jakarta, hari Kamis (31/3). (Foto: Febriana DH)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan Goethe-Institut Indonesien meluncurkan buku panduan manual penyuntingan Wikipedia bahasa Indonesia.

“Buku Panduan Wikipedia ini untuk kemaslahatan bersama (masyarakat Indonesia). Buku ini adalah panduan untuk masyarakat Indonesia yang mau berkontribusi artikel dalam situs Wikipedia dengan menggunakan bahasa Indonesia,” ujar Siska Doviana, penulis buku tersebut, sekaligus mantan Ketua Umum Wikimedia Indonesia, kepada Satuharapan.com, hari Kamis (31/3), di Perpustakaan Goethe Institut, Jakarta.

“Selama ini kalau kita mengadakan pelatihan penulisan di Wikipedia hanya menggunakan power point dan itu ternyata sulit, karena orang-orang model pemahamannya bermacam-macam. Dengan hadirnya buku ini mereka lebih ‘anteng’. Sudah tidak ada lagi alasan untuk sulit dalam berkontribusi, karena kini sudah ada buku panduan yang bisa dibeli secara fisik, maupun diunduh di Wikipedia,” kata Siska.

Siska berharap buku edisi pertama ini mendapatkan masukan dari pembaca, sehingga pada edisi kedua akan lebih baik. “Kita cantumkan nomor yang bisa dihubungi di belakang buku, kami ingin mendapatkan masukan agar lebih baik ke depannya,” katanya.

Ide untuk meluncurkan buku ini berawal ketika Siska berada di dalam perjalanan menggunakan angkutan umum. “Awalnya saya iseng di Wikipedia bahasa Indonesia. Ketika naik angkutan umum secara tidak sengaja mendengar pembicaraan tiga orang perawat yang akan mengikuti ujian tentang kemoterapi, tetapi mereka kesulitan mengakses artikel dalam bahasa Indonesia di Wikipedia,” ucap Siska.

Siska mengatakan bahwa banyak masyarakat Indonesia membutuhkan Wikipedia karena mengalami kendala seperti kendala bahasa dan tidak adanya akses ke perpustakaan. “Adanya kontribusi dari masyarakat Indonesia tentunya sangat banyak gunanya, orang-orang yang membutuhkan informasi dapat terpenuhi kebutuhan informasinya,” kata Siska.

Siska berharap nantinya banyak orang yang tergugah untuk ikut menyumbang artikel.

“Harus ada usaha dengan membaca buku ini dengan baik, karena memang tidak mudah. Wikimedia Foundation sudah berusaha membuat dengan cara yang semudah mungkin," ujar Siska.

Dikatakan oleh Siska, “Menyunting di Wikipedia kalau mau baik dan benar tidaklah mudah, tapi saya harap masyarakat mau mencoba karena ini demi kemajuan bersama. Banyak orang yang tidak mau menyumbang, karena tidak dibayar dan susah. Saya harap masyarakat tidak berciut hati.”

Peluncuran buku ini disertai dengan pelatihan (workshop) untuk membuat artikel Wikipedia menggunakan buku panduan untuk pertama kalinya. Pada tahun ini, Wikimedia Indonesia dan Goethe-Institut Indonesien berencana untuk mengundang pembicara dari Jerman dan penulis buku Panduan Praktis Penggunaan Lisensi Creative Commons, Till Kreutzer, yang bukunya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihannya.

Anda dapat mencobanya dengan mengklik tautan Memulai Wikipedia Indonesia.

Editor : Eben E. Siadari

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
7 Dasawarsa BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home