Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 19:52 WIB | Selasa, 21 April 2015

Effendi: Indonesia Adalah Peserta KAA yang Belum Merdeka

Politisi PDI Perjuangan Effendi Simbolon. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon mengatakan Indonesia termasuk negara peserta Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) yang belum merdeka. Menurut dia, Indonesia belum merdeka dari aspek kebijakan kemandirian.

Bilang Palestina belum merdeka, padahal Indonesia yang belum merdeka, kalau Palestina itu tinggal tunggu waktunya saja akan merdeka,” kata Effendi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/4).

Menurut dia, seharusnya Indonesia sebagai salah satu penggagas KAA 60 tahun silam, Indonesia mampu berkontribusi memerdekakan bangsa-bangsa di benua Asia dan Afrika dari neoliberalisme dan neoimperialisme. “Jadi tidak usah berpikir terlalu jauh, seharusnya kita memikirkan kemerdekaan bangsa kita sendiri dulu,” tutur politisi PDI Perjuangan itu.

Namun Effendi mengatakan hal tersebut tidak berarti kemerdekaan Palestina tidak penting, melainkan sudah banyak negara yang berjuang agar Palestina diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). ”Bangsa kita ini masih tertindas, yang menindas bangsa sendiri lagi,” ujar dia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home