Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:49 WIB | Jumat, 07 April 2017

Erdogan Sebut Eropa Benua Busuk

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan sambutan saat pertemuan Mukhtars (pemerintah daerah) di Pusat Kebudayaan Rakyat dan Kongres Bestepe di Ankara, 5 April 2017. (Foto: AFP)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM - Eropa adalah “benua busuk” dan “pusat Nazisme,” kata Presiden Recep Tayyip Erdogan, Kamis (06/4), dalam kecaman terbarunya terhadap Uni Eropa di kampanye menjelang referendum penting.

Erdogan berulang kali mengecam Uni Eropa setelah beberapa negara anggota melarang menteri Turki mengadakan kampanye menjelang refendum pada 16 April mengenai perluasan kekuasan presiden.

Tuduhannya bahwa perilaku Eropa tersebut mengingatkan akan Nazi Jerman memicu keberangan para mitra Eropa Turki dan membangkitkan pertanyaan mengenai masa depan upaya Turki untuk menjadi anggota Uni Eropa.

“Tidak ada yang dapat dikatakan Eropa, baik kepada kita maupun pihak lain. Yang kita lihat saat ini hanyalah benua busuk,” ungkap Erdogan dalam kampanye di Kota Balikesir.

“Pihak-pihak rasial menguasai para pemimpin dan pemerintah Eropa,” imbuhnya, mengacu pada bangkitnya kaum kanan ekstrem di Eropa.

“Eropa tidak lagi menjadi pusat demokrasi, hak asasi manusia dan kebebasan, tapi represi, kekerasan dan Nazisme,” imbuhnya.

Para pengamat mengatakan Erdogan berusaha menggalang suara dari nasionalis Turki yang suaranya akan sangat penting dalam menentukan hasil referendum. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home