Loading...
EKONOMI
Penulis: Windrarto 16:33 WIB | Rabu, 24 Juli 2013

Garuda dan Merpati Optimalkan Penerbangan Ke Papua

Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara (kompas.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Dua maskapai penerbangan,  Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara, mengoptimalkan penerbangan ke  Papua.  Garuda Indonesia  akan menambah rute penerbangan di wilayah tertimur di Indonesia itu. Sementara Merpati Nusantara membuka kelas bisnis.

Keterangan General Manager Garuda Indonesia Wilayah Papua Supriyono, penambahan  tersebut akan dilakukan pada bulan September, Oktober dan November 2013.  "Untuk bulan September, rencananya akan membuka rute Sorong-Manokwari-Ujung Pandang," ujarnya di Jayapura, Rabu (24/7)

Sedangkan untuk bulan Oktober dan November, demikian Antara memberitakan,  rute yang akan dibuka ke Merauke. Namun hal ini masih akan dicek kembali dan melakukan pengkajian untuk melihat kondisi bandaranya. "Garuda selalu memprioritaskan mengenai keselamatan sehingga jika lokasi bandara dirasa belum dapat memenuhi standar keselamatan, maka pembukaan rute baru akan dipertimbangkan lagi," urainya.

Menurut dia, rencana pembukaan rute baru ini sudah lama dilakukan. Apalagi  pemerintah daerah setempat  sudah memberikan respons positif untuk masuknya penerbangan Garuda ke sana. Kini, lanjutnya, tinggal perkembangan bandaranya saja.

Tambah Armada

Supriyono mengungkapkan, hingga saat ini Garuda Indonesia memiliki tiga rute ke Papua yaitu rute Jayapura-Biak-Makasar-Jakarta, rute Jayapura-Timika-Denpasar-Jakarta dan rute Jayapura-Makasar-Jakarta. Sehingga jika diakumulasikan dengan rencana penambahan rute pada bulan September hingga November, armadanya pun akan ditambah.

"Jika sebelumnya kami memiliki tiga unit armada, maka selanjutnya akan ditambah dua unit lagi," ungkapnya.

Lain halnya yang akan dilakukan Merpati Nusantara Airlines. Maskapai penerbangan milik negara ini akan membuka kelas bisnis untuk sejumlah rute penerbangan jauh bagi kenyamanan para pelanggan yang menggunakan jasa penerbangan tersebut. Pembukaan ini direncanakan mulai 1 Agustus 2013.

Menurut Vice President Corporate Secretary Merpati, Herry Saptanto, yang dihubungi dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, sejumlah rute jauh yang akan mendapatkan layanan kelas bisnis ialah Jakarta-Denpasar-Dili, Jakarta-Makassar, Makassar-Merauke, Merauke-Jayapura, serta Manado-Sorong-Timika. Selain sejumlah rute tersebut, Merpati juga bisa membuka kelas bisnis untuk rute lain tergantung permintaan dan animo konsumen.

Kelas bisnis tersebut ditawarkan untuk memberikan layanan prima dan kenyamanan bagi penumpang yang memanfaatkan penerbangan rute penerbangan jauh tersebut.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home