Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 11:48 WIB | Selasa, 16 September 2014

Gempa 5,6 R Guncang Jepang

Lokasi gempa. (Foto: earthquake.usgs.gov)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Bangunan-bangunan di wilayah Kanto termasuk kota Tokyo berguncang akibat gempa dahsyat mencapai 5,6 skala richter pada pukul 12.28 waktu setempat, menurut laporan wartawan AFP di lokasi kejadian. Pihak berwenang masih memeriksa korban dan kerusakan. 

Badan Metereologi Jepang melaporkan bahwa pusat gempa diyakini berada di selatan prefektur Ibaraki, kawasan yang berada di timur Tokyo, dan berada di kedalaman sekitar 50 km.

Badan tersebut menambahkan bahwa gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Dampak gempa dapat dirasakan di sejumlah gedung selama lebih dari satu menit setelah guncangan awal terjadi.

Operator pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima, yang dilanda tsunami setelah gempa bawah laut yang kuat pada tahun 2011, mengatakan tidak ada pengaruh apapun di lokasi pembangkit yang masih rapuh. 
 
"Tidak ada kelainan dalam pemantauan kami di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi setelah gempa bumi. Selain itu, kami belum menerima laporan kerusakan terbaru dari gempa, "kata juru bicara Keisuke Murakami dikutip japantoday.com.

Jepang setiap tahun diguncang sekitar seperlima dari total gempa dahsyat di seluruh dunia dan terletak di pertemuan beberapa lempeng tektonik. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home