Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 04:44 WIB | Senin, 14 Juli 2014

Goetze Antarkan Jerman Juara Dunia Keempat Kalinya

Goetze Antarkan Jerman Juara Dunia Keempat Kalinya
Mesut Ozil (Jerman, kaus putih) ditempel ketat Lucas Biglia (kaus biru, Argentina) pada partai puncak Piala Dunia 2014. (Foto-foto: fifa.com).
Goetze Antarkan Jerman Juara Dunia Keempat Kalinya
Mesut Ozil (kaus putih) menghadang laju Enzo Perez (kaus biru) yang sedang menggiring bola.
Goetze Antarkan Jerman Juara Dunia Keempat Kalinya
Toni Kros (kaus putih) berebut bola dengan Lucas Biglia (Argentina:).
Goetze Antarkan Jerman Juara Dunia Keempat Kalinya
Christopher Kramer (Jerman) berebut bola dengan Javier Macherano (argentina).
Goetze Antarkan Jerman Juara Dunia Keempat Kalinya
Shakira usai pentas pada upacara penutupan Piala Dunia 2014.
Goetze Antarkan Jerman Juara Dunia Keempat Kalinya
Model kenamaan dunia, Giselle Bundhcen turut menyaksikan partai puncak Piala Dunia dari tribun kehormatan.
Goetze Antarkan Jerman Juara Dunia Keempat Kalinya
Lionel Messi di bawah pengawalan ketat beberapa pesepak bola Jerman.
Goetze Antarkan Jerman Juara Dunia Keempat Kalinya

RIO, DE JANEIRO, SATUHARAPAN.COM – Sebuah gol menit ke-113 dari gelandang Jerman Mario Goetze menghantarkan Jerman menjuarai Piala Dunia untuk keempat kalinya, setelah pada partai final mengalahkan Argentina dengan skor 1-0. Pertandingan puncak digelar di Stadion Maracana, Rio De Janeiro pada Senin (14/7) dini hari WIB.

Gelar juara bagi Jerman  merupakan yang keempat kalinya , sebelumnya mereka memenangi Piala Dunia 1954, 1974, dan 1990. Walau babak pertama imbang tanpa gol, tetapi sejumlah peluang yang menarik tercipta. Toni Kroos mengeksekusi tendangan bebas bagi Jerman di menit ketiga akan tetapi bola menjauh dari gawang Argentina di bawah pengawalan Sergio Romero.

Gonzalo Higuain sukses merobek jala Jerman di bawah pengawalan Manuel Neuer menit ke-30, sayang sekali penyerang Napoli itu berdiri posisi offside saat menerima bola hasil umpan Ezequiel Lavezzi.

Penyerang Jerman yang bernaung di Chelsea, Andre Schurrle membuat peluang membahayakan gawang Argentina, sayang bola yang dia tendang pada menit ke-36 masih tertahan Romero.

Messi melakukan pergerakan sendirian di kotak penalti, dan bola dia sodorkan ke kotak penalti Jerman, sebenarnya ada Higuain yang siap menyambut bola, tetapi terlebih dahulu dihalau para pemain belakang Jerman.

Kross kembali mencoba peruntungan di menit 43. Sial sepakannya dari luar kotak penalti lemah hingga dengan mudah ditangkap Romero.

Jerman nyaris unggul pada akhir babak pertama, pemain yang jarang diturunkan Benedikt Howedes mendapat peluang dari bola Toni Kroos, akan tetapi peluang tersebut sirna, karena bola masih membentur tiang.

Awal babak kedua, tim Tango terlebih dahulu menggebrak setelah menit ke-47 kerja sama Higuain dan Messi merepotkan tim Panzer. Bola yang sudah dikuasai Messi berhasil dia giring mendekati kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan Manuel Neuer bola melenceng di sisi jaring gawang.

Philip Lahm membuat kesempatan bagi Jerman menit ke-59, kerja sama dengan Miroslav Klose mendekati kotak penalti Argentina, sayang sekali bola sundulan Klose pelan sehingga si kulit bundar mudah berada di tangkapan Sergio Romero.

Para pemain Jerman protes menit ke-80, Thomas Muller yang terjatuh karena bersenggolan dengan Ezequeil Garay di kotak penalti ternyata tidak diberikan ganjaran tendangan 12 pas.

Pada menit ke-82,  Jerman mendapat peluang lewat Kroos, setelah menerima umpan dari Lahm, sayang sekali bola masih melebar dari gawang Romero.

Argentina gantian mengancam melalui Lionel Messi, menit ke-87 sayang penyerang andalan Barcelonan ini yang menggiring bola sendirian tidak bisa melewati Hummels, dan Jerome Boateng di barisan pertahanan Jerman. Hingga pertandingan memasuki waktu normal 90 menit tidak ada gol tercipta, dan pertandingan berlanjut perpanjangan waktu.

Saat perpanjangan waktu Jerman mengancam menit ke-91, bola kerja sama Schurrle dan Muller mengancam, sayang si kulit bundar tepat menuju pelukan Sergio Romero.  

Jerman meraih keunggulan menit ke-113, berawal dari pergerakan Schurrle yang mengelabui penjagaan Marcos Rojo kemudian bola dia alirkan ke arah gawang Argentina, bola langsung disambar Mario Gotze dengan tendangan voli tanpa terjangkau Sergio Romero.

Susunan Pemain:

Jerman: Manuel Neuer, Philipp Lahm, Mats Hummels, Jerome Boateng, Benedikt Hoewedes, Toni Kroos, Bastian Schweinsteiger,  Sami Khedira, Miroslav Klose, Thomas Mueller, Mesut Ozil      

Argentina: Sergio Romero, Pablo Zabaleta, Ezequiel Garay, Marcos Rojo, Martin Demichelis, Lionel Messi, Lucas Biglia, Ezequiel Lavezzi, Enzo Perez, Javier Mascherano, Gonzalo Higuain. (fifa.com/livescore.com/.sportsmole.co.uk).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home