Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 09:37 WIB | Senin, 08 Juni 2015

Gunung Sinabung Kembali Berstatus Awas

Gunung Sinabung Kembali Berstatus Awas
Kondisi Gunung Sinabung, Sumatera Utara yang diabadikan dari Desa Bekerah pada Mei 2015 masih tampak normal sebelum statusnya dinaikkan menjadi awas pada 2 Juni 2015 lalu sampai sekarang yang diperkirakan berpotensi mengeluarkan awan panas. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghibau bagi masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan dengan jarak radius 7 kilometer diminta untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman. (Foto-foto: Sabar Subekti).
Gunung Sinabung Kembali Berstatus Awas
Kondisi Gunung Sinabung pasca meletus yang terjadi pada September 2013 lalu yang kini berstatus awas yang diperkirakan berpotensi mengeluarkan awan panas.
Gunung Sinabung Kembali Berstatus Awas
Kondisi Gunung Sinabung yang diambil dari Desa Berastepu yang kini kondisi pemukimannya kosong tanpa penghuni karena masuk dalam radius awas.
Gunung Sinabung Kembali Berstatus Awas
Seorang warga saat melintas menggunakan sepeda motor dekat dengan Desa Berastepu yang kondisi desanya kini kosong dievakuasi karena jaraknya yang dekat dengan puncak Sinabung.
Gunung Sinabung Kembali Berstatus Awas
Gunung Sinabung dengan sisa jalur lahar panas yang terjadi pada September 2013 lalu kini berstatus awas sejak 2 Juni 2015 kemarin sampai dengan sekarang yang diperkirakan berpotensi mengeluarkan awan panas.

SUMUT, SATUHARAPAN.COM – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara kembali berstatus awas. Dalam sepekan ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan Sinabung berpotensi mengeluarkan awan panas di sisi tenggara dan selatan sejauh tujuh kilometer.

Sejak statusnya dinaikkan menjadi awas pada 2 Juni 2015 lalu, BNPB, Badan Geologi dan Pemerintah Kabupaten Karo menghimbau kepada masyarakat yang bermukim dalam radius tujuh kilometer dari sisi selatan dan tenggara Sinabung supaya pindah ke tempat yang lebih aman.

Warga dari tujuh desa serta satu dusun diantaranya Desa Sukameriah, Desa Bekerah, Desa Simacem, Desa Gurukinayan, Desa Kotatoggsa, Desa Berastepu, Desa Gamber dan Desa Sibitun disarankan agar direlokasi.

Gunung Sinabung yang meletus sejak September 2013 lalu sampai dengan saat ini masih belum dipastikan aman. Status awas sebelumnya juga pernah diberlakukan pada November 2013 sampai dengan April 2014 lalu dan setelah itu diturunkan menjadi status siaga. 

Berikut ini foto-foto kondisi Gunung Sinabung pasca meletus yang direkam dari beberapa Desa di sekitar kawasan Gunung Sinabung pada Mei 2015 lalu

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home