Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 06:40 WIB | Selasa, 13 Agustus 2013

Hakim AS Ubah Nama Bayi dari Messiah Menjadi Martin Karena Hanya Yesus Yang Layak

Hakim mengatakan nama Messiah bisa menyulitkan si anak jika ia dibesarkan di daerah yang didominasi Kristen (foto: bbc.co.uk)

TENNESSEE, SATUHARAPAN.COM - Seorang hakim di AS telah memutuskan mengganti nama pertama dari seorang bayi dari Messiah (mesias) menjadi Martin, dengan alasan bahwa satu-satunya mesias sejati adalah Yesus Kristus. Sebelumnya ayah sang bayi berusia tujuh bulan bernama Messiah DeShawn Martin tengah mengajukan perubahan nama belakang anaknya agar sama seperti nama belakangnya.

Tapi Hakim Child Support (perlindungan anak), Lu Ann Ballew memerintahkan nama depannya juga harus diganti, kata penyiar tv lokal WBIR-TV. Menurut kantor Administrasi Jaminan Sosial AS, tahun lalu lebih dari 700 bayi diberi nama Messiah di AS.

Kekristenan memandang Yesus sebagai Messiah, sementara Yudaisme mengartikan messiah sebagai oknum yang akan menyelamatkan orang Yahudi. Sedangkan definisi menurut kamus adalah sebagai penyelamat atau pembebas.

Hakim mengatakan nama Messiah bisa menyulitkan si anak jika ia dibesarkan di daerah yang didominasi Kristen. "Itu bisa membuatnya bertentangan dengan banyak orang dan pada kasus ini tidak ada pilihan lain yaitu dengan harus mengganti nama," kata Hakim Ballew.

Hakim dapat memerintahkan perubahan nama bayi ini karena kedua orang tuanya sudah bercerai dan si bayi dalam pengawasan pemerintah serta adanya sengketa atas apa nama belakang anak mereka yang seharusnya.

Hakim akhirnya memutuskan bahwa bayi itu diberi nama Martin DeShawn McCullough, yang mengandung nama belakang kedua orang tuanya. "Kata Messiah adalah nama dan nama itu hanya layak dipakai oleh satu orang dan satu orang itu adalah Yesus Kristus," katanya.

Ibu bayi, Jaleesa Martin, mengatakan pada WBIR TV, bahwa ia akan mengajukan banding terhadap putusan hakim.

"Saya tidak habis berpikir, hakim dapat mengubah nama bayi saya karena keyakinan agamanya," katanya.

Dia bilang dia memilih nama bukan karena konotasi agama, tetapi karena dia menyukainya seperti mendengar nama lain, seperti Mikha dan Mason.

Nama Mesias menempati urutan ke-387 dalam daftar nama paling populer bayi di AS pada 2012, sebelumnya diurutan ke-633 di tahun 2011. (bbc.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home