Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:01 WIB | Senin, 14 Maret 2016

Hanan Al Hroub dari Palestina, Raih Gelar Guru Terbaik Dunia

Guru Palestina Hanan al-Hroub, terpilih sebagai guru terbaik dunia, Global Teacher Prize, untuk mengajar tanpa kekerasan dan bekerja dengan anak-anak yang mengalami trauma. (Foto: albawaba.com/Varkey Yayasan Global Guru Prize)

PALESTINA, SATUHARAPAN.COM - Seorang guru Palestina terpilih sebagai guru terbaik dunia, Global Teacher Prize, dan meraih hadiah US$1 juta atau sekitar Rp13 miliar.

Hanan Al Hroub, yang besar di sebuah kamp pengungsi Palestina di dekat Bethlehem, sehari-harinya kini menjadi guru untuk para pengungsi.

Pengumuman penghargaan itu berlangsung di Dubai, Minggu (13/3), dengan siaran video langsung oleh Paus Fransiskus, yang antara lain mengatakan guru adalah 'pembangun perdamaian dan persatuan'.

Selain itu Pangeran William, pewaris urutan kedua Kerajaan Inggris, juga ikut menyampaikan ucapan selamat lewat pesan video.

Dalam pidato penerimaan hadiah, Hanan Al Hroub mengatakan guru bisa mengubah dunia.

"Saya bangga menjadi guru perempuan Palestina yang berdiri di atas panggung ini," katanya, seperti yang dikuti dari bbc.com.

Hanan Al Hroub, yang keahliannya adalah menangani anak-anak yang menderita trauma kekerasan, mengatakan akan menggunakan hadiah uang yang ia terima untuk membantu murid-muridnya.

Sekitar 8.000 guru dari seluruh dunia telah bersaing untuk penghargaan.

"Setiap hari kita melihat penderitaan di mata siswa dan guru yang disebabkan oleh pos-pos pemeriksaan militer pendudukan Israel," kata al-Hroub selama pidato penerimaan.

"Guru bekerja keras untuk membebaskan pikiran anak-anak 'dari kekerasan dan mengubahnya menjadi dialog keindahan," katanya.

"Kami ingin anak-anak kita untuk hidup dalam kebebasan dan perdamaian."

Finalis tahun ini antara lain berasal dari Inggris, India, Kenya, Finlandia, dan Amerika Serikat.

Global Teacher Prize diberikan oleh Yayasan Varkey, yang merupakan yayasan sosial milik perusahaan pendidikan internasional, GEMS- antara lain dengan tujuan untuk meningkatkan status profesi guru.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home