Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 18:24 WIB | Jumat, 09 Oktober 2015

Hari Pangan Sedunia 2015 Libatkan Generasi Muda

Ilustrasi: manifesto Hari Pangan Sedunia 2015, mematahkan siklus kemiskinan di pedesaan. (Foto: fao.org)

SATUHARAPAN.COM - Rangkaian perayaan Hari Pangan Sedunia tahun ini dipusatkan di Milan, Italia, diawali pada 12 Oktober.

Komite Keamanan Pangan Dunia akan mengawali kegiatan itu dengan menggelar pertemuan, dilanjutkan dengan publikasi panduan resmi terbaru Badan Pangan Dunia (FAO), The State of Food and Agriculture, pada Selasa, 13 Oktober.  

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan Direktur Jenderal Badan Pangan Dunia (FAO) akan bergabung dengan Presiden Republik Italia, Menteri Pertanian, dan Menteri Luar Negeri Italia, dalam acara puncak perayaan, yang mengambil tempat di Expo Milan, Jumat, 16 Oktober.

Hari Pangan Sedunia jatuh pada saat yang tepat, setelah KTT pada bulan September 2015 dan sebelum Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim (COPI). Hari Pangan Sedunia akan menjadi kesempatan yang baik untuk mengirim pesan bagi generasi muda, “generasi tanpa kelaparan”, melalui agenda pembangunan berkelanjutan pada 2030, dengan melibatkan mereka dalam tantangan berkelanjutan untuk memberantas kelaparan dan kemiskinan selama 15 tahun ke depan.

Perayaan Hari Pangan Sedunia tahun ini, sekaligus peringatan ulang tahun ke-70 FAO, mengusung tema "Perlindungan Sosial dan Pertanian: Mematahkan Siklus Kemiskinan di Pedesaan", sedangkan tema untuk Expo 2015, "Generasi tanpa kelaparan untuk dunia yang berkelanjutan".

Peringatan itu akan mencakup presentasi resmi Milan Charter kepada Sekretaris Jenderal PBB, sebuah manifesto yang akan  melibatkan semua warga negara dalam memerangi kekurangan gizi dan limbah pangan, juga mempromosikan akses terhadap sumber daya alam berkelanjutan.

Acara lain dari peringatan Hari Pangan Sedunia pada 16 Oktober adalah menggelar diskusi interaktif dengan pemuda yang diselenggarakan Kementerian Ekonomi Italia dan IFAD. (fao.org)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home