Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:40 WIB | Sabtu, 21 Juli 2018

HRW Desak Brasil Meregulasi Pestisida

Ilustrasi. Arnaldo Zunizakae, pengelola pertanian di kawasan reservasi Pareci yang luas, berpose di ladang jagung dekat kota Campo Novo do Parecis, Brasil, 26 April 2018. (Foto: VOA).

BRASILIA, SATUHARAPAN.COM - Human Rights Watch, Jumat (20/7) mendesak pemerintah Brasil agar mendirikan zona-zona penyangga di seluruh penjuru negara itu di mana peraturan penyemprotan pestisida yang ketat diberlakukan dan mengurangi penggunaan produk-produk pestisida yang sangat beracun.

Kelompok itu menyatakan dalam sebuah laporan bahwa Brasil adalah salah satu konsumen pestisida terbesar di dunia dan kerap menggunakan produk-produk yang tidak diizinkan penggunaannya di tempat lain. Di antara 10 pestisida yang paling umum digunakan di Brasil, empat di antaranya tidak boleh digunakan di Uni Eropa.

Penggunaan pestisida yang tidak diatur dengan baik menimbulkan risiko kesehatan bagi masyarakat, sebut laporan itu.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa tahun lalu ada laporan sekitar 4.000 kasus keracunan pestisida. Kementerian tersebut menyatakan dalam laporan tahun ini bahwa ada kemajuan dalam hal pelaporan kasus, tetapi angka-angka tersebut masih jauh dari angka yang sebenarnya.

Kementerian Pertanian menyatakan pemerintah negara bagian mengatur regulasi pestisida. Tetapi Luis Rangel, pejabat senior di kementerian itu, menambahkan, kementerian ingin meningkatkan peran pakar agronomi dalam meregulasi dan memantau penggunaan pestisida secara aman. Ia tidak merincinya. Kementerian Kesehatan juga belum segera menanggapi permintaan untuk berkomentar. (VOA)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home