Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 18:38 WIB | Jumat, 08 April 2016

Ibu Negara Minta Istri Kepala Daerah Aktif

Presiden Joko Widodo (tengah) menyampaikan arahannya kepada peserta Rapat Kerja Pemerintah Tahun 2016 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/4). Rapat Kerja Pemerintah tersebut dihadiri gubernur, wakil gubernur, bupati atau wali kota dan wakil bupati atau wakil wali kota seluruh Indonesia. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ibu Negara Iriana Joko Widodo meminta para istri kepala daerah dan wakil kepala daerah aktif untuk mendukung kinerja para suami dalam memimpin wilayahnya.

Istri kepala daerah sebagai Ketua PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) menurut Ibu Negara, harus sangat aktif. Kalau tidak aktif, kasihan masyarakat, masyarat yang memilih.

Ibu Negara Iriana meminta agar para istri kepala daerah tidak hanya aktif saat pemilihan kepala daerah, tapi juga saat suaminya menjabat kepala daerah.

"Tapi kalau yang di sini, pasti semangat sekali," kata Ibu Negara di hadapan ratusan istri kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dilantik berdasarkan Pilkada Serentak 2015 dalam acara bersilaturahim dengan para istri kepala daerah dan wakil kepala daerah di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jln. Merdeka Utara, Jakarta, hari Jumat (8/4).

Pada kesempatan itu, Ibu Negara juga bercerita sering mengunjungi daerah bersama suaminya saat 10 tahun menjabat sebagai Ketua PKK.

"Pak Jokowi sering `blusukan`, sehingga dengan `blusukan` saya tahu keadaan wilayah," ucapnya, menegaskan.

Dia berharap selama lima tahun para istri kepala daerah bisa mengunjungi seluruh wilayahnya agar mengetahui keluhan masyarakat apalagi banyak potensi yang ada di daerah. Ibu-ibu harus menguasai kegiatan PKK.

Ibu Negara juga mengapreasi para istri kepala daerah dan wakil kepala daerah yang datang ke acara tersebut menggunakan baju daerah, sebab hal itu menjadi dukungan akan kelangsungan kerajinan daerah.

"Dulu ibu pejabat jarang pakai baju daerah. Alhamdulillah sekarang pakai baju daerah dengan corak dan warna beragam," ujarnya.

Kepada para Ketua PKK yang merupakan istri kepala daerah, Ibu Negara meminta agar kegiatan PKK dapat bersinergi dengan "Oase KK". Oase KK adalah singkatan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja.

Oase KK merupakan wadah para istri menteri Kabinet Indonesia Bersatu yang diketuai oleh Ny. Erni Tjahjo Kumolo, istri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Para istri kepala daerah dan wakil kepala daerah diundang bersilaturahim oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo karena pada hari yang sama Presiden memberikan pembekalan kepada semua kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2015. Pembekalan itu berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Acara silaturahim Ibu Negara dengan para isteri kepala daerah juga diikuti dengan pelantikan tujuh Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) oleh Mufida Jusuf Kalla. Ketua Dekranasda dijabat oleh para istri gubernur. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home