Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 09:40 WIB | Minggu, 19 April 2015

Indonesia dan Timor Leste Perkuat Realisasi Perdagangan

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Lestari Priansari Marsudi. (Foto: kemlu.go.id).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Indonesia dan Timor Leste sepakat memperkuat kerja sama bilateral terkait dengan realisasi perdagangan.

Menurut kemlu.go.id, kesepakatan tersebut terjadi antara Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi dan Menlu Demokratik Republik Timor Leste, Herneni Coelho da Silva dalam kunjungan perdana Menlu Silva pada Jumat (17/4) di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Kesepakatan pemenuhan realisasi target perdagangan tersebut merupakan bagian dari kesepakatan Presiden RI yang kala itu masih dijabat Susilo Bambang Yudhoyono dan  Timor-Leste pada Juni 2013. Indonesia dan Timor Leste juga mendorong interaksi sektor swasta kedua negara untuk meningkatkan peluang perdagangan dan investasi khususnya di bidang infrastruktur, pertanian, perikanan, petrokimia dan telekomunikasi.

Menlu Timor Leste juga menyambut baik komitmen Pemerintah Indonesia untuk memberikan bantuan capacity building program senilai 6 juta dolar AS pada 2013-2017 yang diprioritaskan pada bidang perdagangan, pendidikan, kesehatan dan pariwisata guna meningkatkan kualitas sumber daya alam dan mendorong pertumbuhan ekonomi Timor Leste.   

Masalah lain yang dibahas dalam pertemuan kedua menteri yakni tentang  penyelesaian perundingan perbatasan barat dan mendorong inisiasi perundingan perbatasan maritim melalui pelaksanaan Joint Ministerial Commission keenam yang akan digelar Agustus 2015.  (kemlu.go.id).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home