Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 17:51 WIB | Jumat, 11 April 2014

Indonesia Terdampak Siklon Tropis Ita di Australia

Siklon Tropis Ita, citra yang diambil JMA/MTSAT pada 10 April 2014. (Foto: NOAA)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sejumlah wilayah di Indonesia akan terdampak siklon tropis Ita yang saat ini terjadi di sebelah timur Australia.

"Dampak siklon tropis Ita berupa potensi hujan dan gelombang tinggi di Papua," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya di Jakarta, Jumat (11/4).

Siklon tropis Ita saat ini berada di sebelah timur Australia dan bergerak ke arah barat menuju daratan Australia Timur.

Menurut Andi, wilayah Indonesia tidak akan terdampak langsung siklon tropis tersebut tetapi cukup berpengaruh terhadap cuaca di beberapa daerah.

Dampaknya terhadap cuaca di Indonesia, kata dia, berupa potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Papua bagian selatan.

Sedangkan gelombang setinggi 2 meter-3 meter berpeluang terjadi di laut Halmahera, Teluk Cenderawasih, perairan utara Papua, dan perairan selatan Merauke.

Siklon tropis Ita merupakan badai kategori tiga dan merupakan badai paling dahsyat di Queensland sejak taufan Yasi pada 2011.

Sebelumnya, pihak berwenang Queensland utara sudah bersiaga akan datangnya siklon tropis Ita yang diperkirakan terjadi pada Jumat (11/4) malam, yang melintasi antara Lockhart River dan Cape Flattery. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home