Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Martahan Lumban Gaol 16:40 WIB | Senin, 06 Juli 2015

Ini Strategi Kepolisian Hadapi Arus Mudik Lebaran 2015

Penumpang melintas di depan bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Jumat (3/7). Pemerintah provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan angkutan mudik Lebaran 2015 berjumlah 7.923 bus dan bus bantuan sebanyak 490 armada untuk mudik dan arus balik Lebaran. (Foto: Antara/M Agung Rajasa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Kepolisan Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengatakan keberadaan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tidak lantas menghilangkan kemacetan pada arus mudik lebaran tahun 2015 ini. Meskipun beban dari jalur lama Cikampek menuju Cirebon akan berkurang.

"Tahun ini sudah ada Jalan Tol Cipali, sehingga beban dari jalur lama Cikampek sampai Cirebon berkurang, tapi bukan berarti tidak ada kemacetan," ucap Badrodin dalam jumpa pers usai mengikuti Rapat Kabinet di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (6/7).

Oleh karena itu, kata dia, Kepolisian telah menyiapkan pengamanan dan pengaturan di sejumlah titik yang diperkirakan akan mengalami kemacetan pada arus mudik lebaran tahun 2015 ini, seperti di jelang Pintu Tol Pejagan.

Badrodin melanjutkan, dari Pintu Tol Pejagan kemacetan diperkirakan terjadi hingga Kabupaten Brebes, kemudian berlanjut ke Kabupaten Tegal, hingga arah selatan ke Prupuk. Sementara di Kecamatan Balubur Limbangan, Garut, kemacetan juga akan terjadi.

"Di sanalah dibutuhkan pengaturan arus lalu lintas," ucap dia.

Badrodin juga menyampaikan ada 107 titik pasar tumpah di sepanjang Jalur Pantai Utara dan Jalur Selatan. Kemudian ada sekitar 178 persimpangan atau jalan menyempit yang harus mendapat perhatian serius dari pihak Kepolisian dalam pengamanan dan pengaturannya nanti.

"Sementara itu, ada 124 titik jalan rusak yang masih dalam tahap penyelesaian hingga saat ini. Kemudian tempat-tempat yang biasanya terjadi kemacetan itu ada di pom bensin, rumah makan, dan masjid," kata Badrodin.

Selain itu, Kapolri juga menggatakan telah menyiapkan jalur bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor, mulai dari Kabupaten Karawang hingga Cikalong atau Ciasem. Karena berdasarkan data Kepolisian, 70 persen kecelakaan ketika arus mudik lebaran melibatkan pengendara sepeda motor.

"Di sepanjang jalur tersebut kita sudah siapkan enam tempat peristirahatan untuk pengendara motor, di sana lengkap fasilitasnya, bahkan sudah ada rumah makan juga," ucap Badrodin.

"Tempat tersebut ada di Kepolisian Resort Bekasi, Subang, Indramayu, dan Cirebon," dia menambahkan.

Editor : Bayu Probo

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home