Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 06:36 WIB | Selasa, 17 Maret 2020

Iran Tutup Situs Ziarah Islam Syiah

Salah satu situs ziarah Islam Syiah, makam Fatima Masumeh di Qom, Iran. (Foto: dok. Reuters)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Iran menutup tiga situs ziarah utama Islam Syiah pada hari Senin (16/3) sebagai bagian dari upaya negara itu memerangi penyebaran virus corona baru, menurut laporan media pemerintah.

Tempat suci Imam Reza di Masyhad, Fatima Masumeh di Qom dan Shah Abdol-Azim di Teheran ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut berdasarkan rekomendasi komite untuk memerangi virus corona dan kementerian kesehatan.

Kantor berita negara, IRNA, mengatakan bahwa penutupan situs Fatima Masumeh di Qom memicu protes dan kemarahan. Wilayah ini merupakan pusat penyebaran wabah COVID-19 di Iran yang telah menewaskan 853 orang sejauh ini.

Beberapa pemrotes meneriakkan "slogan keagamaan" dan merusak pintu masuk, IRNA menambahkan.

Menteri Kesehatan Iran, Saeid Namaki, mengatakan di televisi pemerintah bahwa (pengelola) tempat-tempat suci dan "tempat-tempat suci lainnya yang tidak ditentukan mengumumkan bahwa mereka setuju dengan permintaan kami untuk menutup sepenuhnya sampai setelah liburan Tahun Baru" yang dimulai pada hari Jumat (13/3).

Teheran, Qom dan Khorasan Razavi, tempat Masyhad berada, adalah beberapa provinsi di Iran yang paling terpukul oleh wabah.

Jumlah kasus terinfeksi virus corona baru yang dikonfirmasi di Iran mencapai hampir 14.000 pada hari Senin (16/3), menurut kementerian kesehatan.

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home