Loading...
DUNIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 20:37 WIB | Kamis, 17 Juli 2014

Israel dan Hamas Sepakat Gencatan Senjata Lagi Besok

Menurut PBB, sebagian besar korban akibat serangan Israel di Gaza adalah warga sipil. (Foto: bbc.co.uk)

GAZA, SATUHARAPAN.COM - Sebuah kesepatakan gencatan senjata menyeluruh kembali dicapai untuk mengakhiri perang antara Israel dan kelompok Hamas di Gaza. Gencatan senjata itu akan dimulai Jumat (18/7) pukul 06.00 waktu setempat (10.00 WIB).

Sebelumnya Hamas dan Israel sepakat untuk menghentikan peperangan selama lima jam pada Kamis (17/7) untuk memungkinkan warga Gaza mengumpulkan pasokan pangan.

Namun militer Israel mengatakan tiga mortir ditembakkan dari Gaza ke Israel pada masa gencatan senjata tersebut, tetapi belum ada pernyataan dari Hamas terkait tembakan mortir.

Kesepakatan gencatan senjata terbaru ini dicapai menyusul pembicaraan di Mesir, yang berupaya menjadi penengah antara Israel dan kelompok Palestina, Hamas, yang menguasai Jalur Gaza.

Bagaimanapun belum ada keterangan dari Kementerian Luar Negeri Mesir maupun Hamas terkait dengan gencatan senjata menyeluruh ini.

Israel melancarkan operasi militer atas Gaza sembilan hari lalu dan sudah menewaskan 227 orang yang menurut Persatuan Bangsa-Bangsa(PBB) sebagian besar korban adalah warga sipil, sementara satu warga Israel tewas akibat serangan roket dari Gaza.

Namun Israel menuduh Hamas menyembunyikan prasarana militernya di dalam kawasan pemukiman penduduk sipil.

Sejauh ini Israel mengatakan sudah melancarkan 1.960 serangan ke Gaza sejak tanggal 8 Juli sementara militan Hamas menembakkan sekitar 1.380 roket ke wilayah Israel. (bbc.co.uk)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home