Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:28 WIB | Rabu, 09 Januari 2019

Jajak Pendapat NHK: 70 Persen Anggap Pernikahan Tidak Perlu

Ilustrasi: Pemandangan di Stasiun Shinjuku, Tokyo, Jepang. Sebuah jajak pendapat di Jepang, menunjukkan hampir 70 persen orang-orang di Jepang menganggap pernikahan sebagai hal yang tidak terlalu diperlukan. (Foto: nhk.or.jp)

JEPANG, SATUHARAPAN.COM – Sebuah jajak pendapat di Jepang menunjukkan hampir 70 persen orang-orang di Jepang menganggap pernikahan sebagai hal yang tidak terlalu diperlukan.

Lebih dari 2.700 laki-laki dan perempuan berusia 16 tahun ke atas di penjuru negeri, merespons jajak pendapat yang dilakukan pada bulan Juni dan Juli tahun lalu tersebut, yang dilansir nhk.or.jp, pada Rabu (9/1).

Sebanyak 68 persen responden mengatakan, pernikahan bukan hal yang terlalu diperlukan, sementara 27 persen menganggap pernikahan sebagai sebuah norma.

Persentase orang yang menganggap pernikahan sebagai hal yang tidak terlalu diperlukan naik lima persen dibandingkan jajak pendapat sebelumnya pada 2013. Angka tersebut adalah yang tertinggi sejak NHK pertama kali menanyakan hal ini pada 1993.

Berdasarkan usia, responden pada usia 30-an tahun adalah yang paling banyak berpikir bahwa pernikahan bukanlah sebuah keharusan, dengan proporsi 88 persen. Sementara proporsi yang paling rendah ditemukan pada rentang usia 70-an tahun, yaitu 43 persen.

Saat ditanyakan apakah pasangan suami-istri harus memiliki anak, 60 persen responden mengatakan tidak, dan 33 persen menjawab sebaliknya. 

 

Back to Home