Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 20:50 WIB | Senin, 02 Maret 2020

Jalan-jalan ke Taman Nasional Baluran

Jalan-jalan ke Taman Nasional Baluran
Padang rumput savana luas yang ada di kawasan Taman Nasional Baluran, Jawa Timur menjadikan kawasan ini seperti alam Afrika versi Indonesia. Taman Nasional Baluran memiliki zona inti seluas 12.000 hektar dan dihuni berbagai jenis keragaman hayati di Indonesia (Foto-foto: Dedy Istanto/satuharapan.com)
Jalan-jalan ke Taman Nasional Baluran
Para pengunjung berfoto bersama di depan pintu masuk kawasan Taman Nasional Baluran yang terdapat padang rumput luas diberi nama savana Bekol
Jalan-jalan ke Taman Nasional Baluran
Satu individu Rusa timor (Rusa timorensis) adalah salah satu jenis rusa yang dilindungi di kawasan Taman Nasional Baluran, Jawa Timur.
Jalan-jalan ke Taman Nasional Baluran
Satu individu Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) adalah salah satu jenis primata yang ada di kawasan Taman Nasional Baluran, Jawa Timur
Jalan-jalan ke Taman Nasional Baluran
Lutung jawa (Trachypithecus auratus) salah satu jenis satwa yang ada di kawasan Taman Nasional - Baluran, Jawa Timur yang menjadi habitat untuk mencari makan

JAWA TIMUR, SATUHARAPAN.COM - Panas dan gersang seperti tidak ada kehidupan. Padang savana yang luas seakan bukan berada di negeri sendiri. Mengungkap keragaman hayati Taman Nasional Baluran yang menyimpan banyak kekayaan.

Keberadaannya menjadi sangat penting bagi kehidupan satwa liar yang membuat padang savana menjadi eksotis. Sebut saja, burung merak jawa atau merak hijau (Pavo muticus), lutung jawa (Trachpithecus auratus), Rusa timor (Cervus timorensis) dan banyak lagi seperti banteng jawa (Bos javanicus) menjadi penghuni tetap di kawasan Taman Nasional yang secara fisik mirip dengan safari di Afrika.

Kawasan terbentang sekitar 25.000 hektar ini setidaknya dibagi menjadi beberapa zonasi kawasan, di antaranya zona inti, zona rimba, zona perlindungan bahari, zona pemanfaatan, zona tradisional, zona rehabilitasi dan zona khusus. Dari sekian banyak zona tersebut, zona inti menjadi zona paling penting, karena menjadi kawasan tempat perlindungan bagi satwa ikonik di Taman Nasional Baluran.

Berkunjung ke Taman Nasional Baluran tidaklah sulit. Terletak di Kecamatan Banyu Putih, Kabupaten Situbondo yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur wilayah Utara berbatasan dengan selat Madura. Memiliki suhu udara sekitar 27 - 34 derajat celcius. Jadi jangan lupa jika ingin berkunjung ke lokasi ini harus membawa sunblock dan juga obat anti serangga.  

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home